10 Faktor Masuk Surga dan 5 Faktor Masuk Neraka

Perbuatan baik dan perbuatan buruk memiliki efek surga dan neraka masing-masing

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Setiap muslim ingin masuk surga. Ada banyak faktor untuk masuk surga. Setidaknya ada 10 faktor yang membuat umat manusia masuk surga. Selain itu, ada lima faktor yang bisa membuatnya masuk neraka.

Faktor pertama yaitu masuk surga adalah beriman kepada Allah SWT dan beramal shalih. Karena, Allah berfirman:

إِنَّ الَّذينَ آمَنوا وَعَمِلُوا الصّالِحاتِ كانَت لَهُم جَنّاتُ الفِردَوسِ نُزُلًا * خالِدينَ فيها لاها ع “Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan melakukan perbuatan baik, bagi mereka Surga Surga untuk menjadi tempat tinggal, mereka kekal di dalamnya, mereka tidak ingin menjauh darinya.” (Surat al-Kahf 107-108).

Faktor kedua, perhatikan batas-batas Allah atau jangan melanggar apa yang Dia perintahkan, dan takutlah kepada Allah. Orang yang selalu menaati perintah Allah dan tidak melampauinya, akan masuk surga.

Faktor ketiga, bertaubat dan kembali kepada Allah SWT. Dalam Alquran, Allah berfirman:

وَأُزْلِفَتِ الْجَنَّةُ لِلْمُتَّقِينَ غَيْرَ بَعِيدٍ * هَـذَا مَا تُوعَدُونَ لِكُلِّ أَوَّابٍ َ hamba-Nya yang selalu bertaubat (kepada Allah) dan memelihara (kepada Allah) dan memelihara (kepada Allah) peraturan-Nya dan memelihara (kepada Allah) dan memelihara (kepada Allah) peraturan-Nya) dan memelihara (kepada Allah) dan memelihara (semua peraturan-Nya) dan memelihara (kepada Allah) dan memelihara (kepada Allah) dan menjaga (semua) peraturan-Nya) dan memelihara (kepada Allah) dan memelihara (kepada Allah) dan memelihara (semua) peraturan-Nya) dan memelihara (kepada Allah) dan memelihara (semua) peraturan-Nya) dan memelihara (kepada Allah) dan memelihara (semua) peraturan-Nya) dan memelihara (kepada Allah) dan memelihara (semua) peraturan-Nya). “(QS Qaf ayat 31-32).

Faktor keempat, memberi makanan kepada orang miskin. Ini adalah salah satu tindakan ketaatan terbesar di mana seorang Muslim mendekat kepada Tuhan, dan menyebarkan kedamaian dan belas kasihan kepada orang miskin, yatim piatu, dan yang membutuhkan. Rasulullah SAW berkata:

يا أيُّها النَّاسُ ، أفشوا السَّلامَ ، وأطعِموا الطَّعامَ ، وصلُّوا باللَّيلِ والنَّاسُ نيامٌ ؛ تدخلوا الجنَّةَ بسلامٍ

“Wahai manusia, sebarkan salam, beri makan, tetap berhubungan, sholat di malam hari saat orang tidur, niscaya kamu akan masuk surga dengan selamat.” (HR Di Tirmidzi)

Faktor kelima, afirmatif, sabar dan teguh dalam beragama Allah SWT. Dalam Alquran, Allah SWT berfirman:

إن الين قالوا ربنا الله ثم استقاموا تتنزل عليهم الملائكة ألا تخافوا ولا تحزنوا وأبشروا بالجنة التونتي

Sesungguhnya orang-orang yang berkata, “Tuhan kami adalah Allah” maka mereka menegaskan posisi mereka, para malaikat akan turun kepada mereka (berkata), “Jangan takut, dan jangan bersedih; ) surga yang telah dijanjikan kepadamu. “(Surat Fussilat ayat 30).

Faktor keenam, melakukan perbuatan baik dengan banyak cara, seperti tersenyum, menyapa orang lain, memerintahkan kebaikan, melarang kejahatan, mengunjungi orang sakit, menghadiri pemakaman, dan banyak perbuatan baik lainnya.




Source