14 Juta Dosis Vaksin Sinovac Tiba di Indonesia

    TRIBUNNEWS. KOM, JAKARTA- Pemerintah kembali mendatangkan vaksin ke dalam negeri, hari ini, Rabu (30/6/2021).

    Kali ini, 14 juta dosis vaksin Sinovac dalam bentuk bahan mentah atau curah tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

    “Jadi total bahan baku vaksin dari Sinovac yang sudah datang ke kami sebanyak 105 juta dosis vaksin,” kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers yang disiarkan di Youtube oleh Sekretariat Presiden.

    Karena masih dalam bentuk bahan baku, vaksin yang baru masuk akan diproses di Biofarma selama satu bulan sebelum didistribusikan dan digunakan oleh masyarakat.

    Dari sekitar 105 juta bahan baku vaksin yang sudah sampai di Tanah Air, akan diperoleh sekitar 85 juta vaksin siap pakai.

    Baca juga: BPOM Izinkan Vaksin Sinovac untuk Anak 12-17 Tahun, Jokowi: Vaksinasi Bisa Segera Dimulai

    “Sudah bisa kita pakai dan akan siap 1 bulan setelah sekarang, jadi mungkin awal Agustus nanti sudah ada 85 juta vaksin Sinovac yang sudah siap, kita bisa menggunakannya,” ujarnya.

    Menkes mengatakan, dengan penambahan 14 juta bahan baku vaksin, jumlah vaksin yang tersedia di Indonesia cukup besar. Belum lagi vaksin yang berasal dari jalur pengadaan multilateral fasilitas Covax.

    “Bulan ini juga dari Astrazeneca, Agustus dari Pfizer, jadi jumlah vaksin yang masuk semester II tahun ini akan bertambah,” ujarnya.



    https://www.tribunnews.com/corona/2021/06/30/14-juta-dosis-vaksin-sinovac-tiba-di-tanah-air