24 Tahun Perjalanan Forum Zakat

    IHRAM.CO.ID, JAKARTA — Sekretaris Jenderal Forum Zakat (Foz) Irvan Nugraha mengatakan, Foz sudah berjalan selama 24 tahun. Forum ini lahir dari kesadaran untuk memberikan kemaslahatan bagi bangsa dan kesejahteraan umat dengan mengoptimalkan sumber daya zakat.

    Irvan juga mengatakan bahwa lahirnya Foz merupakan tanda menguatnya gerakan zakat Indonesia. Selama 24 tahun terakhir, Foz telah berpartisipasi agar pengelolaan zakat dapat berdampak baik pada aspek pengentasan kemiskinan dan kesejahteraan umat.

    “Dan juga ikut serta dalam kebijakan regulasi yang membawa manfaat hari ini,” ujarnya pada acara Puncak Foz 24 Milad yang bertajuk “Diseminasi Kolaborasi Penanganan Covid-19 Anggota Forum Zakat OPZ” secara virtual, Sabtu (2/10).

    Irvan melanjutkan, pengelolaan zakat di Indonesia kini semakin kuat, sistematis dan terstruktur. Beberapa hal yang telah dilakukan antara lain dengan menjalin kerjasama dengan pemangku kepentingan zakat dan pemerintah. Apalagi sekarang sudah ada SKKNI untuk memproduksi amil-amil bersertifikat.

    Dari seluruh anggota Foz, jelas Irvan, 60 persen skala nasional, 13 persen skala provinsi dan sisanya skala kabupaten/kota. Irvan optimistis anggota Foz ini akan terus berkembang dan semakin memperkuat pengelolaan zakat yang berkeadilan.

    “Semoga kita dapat memperluas jangkauan para penerima manfaat dan semoga dapat memperkuat apa yang diciptakan oleh para pendiri bangsa ini yaitu lahirnya kemakmuran bagi rakyat Indonesia,” ujarnya.

    Irvan juga menyampaikan bahwa selama ini anggota Foz menjalin hubungan yang erat dengan mitra kerjasama sehingga dengan ini mereka akan menghadirkan program-program yang berdampak baik bagi masyarakat. Dampak ini tentunya dapat memperkuat apa yang telah dilaksanakan oleh pemerintah.

    “Tentunya tahun ini kami akan terus memperkuat kerjasama kami sebagai mitra bagi pemerintah dan bagi seluruh lembaga yang terlibat dalam pengelolaan zakat di Indonesia,” ujarnya.



    https://www.ihram.co.id/berita/r0cay5335/perjalanan-24-tahun-forum-zakat