2,7 Juta Pelanggan Pegadaian Telah Mengadopsi Aplikasi Digital

    Laporan Jurnalis Tribunnews, Choirul Arifin

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Sebanyak 2,7 juta nasabah dari total 17 juta nasabah Pegadaian kini telah mengadopsi aplikasi Digital Pegadaian di smartphone untuk berbagai kebutuhan pembiayaannya dalam waktu singkat.

    “Dari 17 juta pelanggan yang kami miliki, 2,7 juta pelanggan telah menggunakan aplikasi Digital Pegadaian yang kami luncurkan sejak April 2018,” kata Kepala Departemen Komunikasi Perusahaan PT Pegadaian (Persero) Basuki Tri Andayani dalam obrolan virtual dengan media di acara TOP Digital. Penghargaan Humas 2021, Prestasi Istimewa BUMN & BUMD, Kamis (8/4/2021).

    Dijelaskannya, aplikasi ini sangat membantu nasabah Pegadaian, terutama yang awalnya unbankable.

    “Awalnya Pegadaian dipersiapkan untuk masyarakat unbankable, namun seiring perkembangan teknologi, nasabah yang menggunakan aplikasi digital Pegadaian harus mendaftarkan nomor rekening banknya,” ujarnya.

    Dari 2,7 juta nasabah yang telah menggunakan aplikasi Digital Pegadaian hingga Desember 2020, pihaknya telah mencatatkan 3,4 juta transaksi senilai Rp 5,1 triliun.

    Baca juga: Pegadaian Lulus Penilaian Indeks Kesiapan Industri 4.0 Indonesia dari Kementerian Perindustrian

    “Pegadaian kini juga dikenal dengan kalangan milenial karena mereka adalah calon konsumen kita,” ucapnya.

    Dijelaskannya, semenjak Pemerintah membuka peluang bagi swasta untuk masuk ke bisnis pegadaian, Pegadaian tertantang untuk terus memenangkan persaingan di pasar.

    “Pesaing bagi kami bukanlah lawan, melainkan partner karena tanpa pesaing, secepat apa pun kami berlari, kami tidak akan pernah menjadi juara,” ucapnya.

    “Kehadiran kompetitor mendorong kami untuk terus menghadirkan inovasi.




    Source