430 Calon Jemaah Haji Agam Batalkan Haji Tahun Ini

    IHRAM.CO.ID, AGAM – Pejabat Fungsional Umum Penyelenggara Haji dan Umrah (PFU PHU) Kementerian Agama, Ria Satya Meilinda, mengatakan sebanyak 430 calon jemaah haji asal Kabupaten Agam membatalkan perjalanan ke tanah suci. Pembatalan tersebut berdasarkan Keputusan Menteri Agama (KMN) Nomor 660 Tahun 2021.

    “Kalau keberangkatannya ditunda tahun 2020, tahun ini keberangkatannya batal,” kata Ria, Selasa (8/6).

    Ria menjelaskan, dasar pembatalan keberangkatan 430 calon jemaah haji yang terdaftar pada November-Desember 2011 tertuang dalam KMA Nomor 660 Tahun 2021. Mengenai kapan mereka akan diberangkatkan tergantung kapan keputusan ini dicabut oleh menteri agama.

    “Untuk jemaah haji kita di Agam sangat siap berangkat, semua persyaratan sudah dipenuhi,” kata Ria.

    Sebelum ada pembatalan resmi oleh Kementerian Agama, 396 calon jemaah haji atau 92 persen calon jemaah haji asal Agam sudah melakukan penyuntikan vaksin Covid-19. Selain itu, mereka juga telah divaksinasi meningitis.

    Keputusan pembatalan keberangkatan jemaah haji Indonesia diatur dalam Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 660 Tahun 2021 yang ditetapkan pada 3 Juni 2021. Dalam SK tersebut, ada sejumlah pertimbangan yang menjadi dasar pemerintah membatalkan keberangkatan jemaah haji asal Indonesia. Pemerintah mempertimbangkan faktor kesehatan, keselamatan, dan keamanan jemaah haji akibat pandemi Covid-19 yang melanda hampir seluruh negara di dunia.



    https://www.ihram.co.id/berita/qudqpu366/430-calon-jamaah-agam-batal-naik-haji-tahun-ini