5 Kebiasaan Yang Dapat Memicu Diabetes

    Tanpa disadari, beberapa aktivitas sehari-hari dapat memicu terjadinya diabetes tipe 2.

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Diabetes merupakan salah satu masalah kesehatan yang menjadi momok di dunia. Peningkatan kasus diabetes di dunia juga signifikan berdasarkan data Badan Kesehatan Dunia (WHO), dari 108 juta pada 1980 menjadi 422 juta pada 2014.

    Mayoritas kasus diabetes yang terjadi adalah diabetes tipe 2. Diabetes tipe 2 sangat erat kaitannya dengan faktor gaya hidup seperti kelebihan berat badan dan gaya hidup yang tidak banyak bergerak.

    Mengenai gaya hidup, ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang ternyata bisa memicu diabetes tipe 2 tanpa disadari. Berikut ini lima di antaranya, seperti dilansir Makan ini, Minggu (11/4).

    Minum Minuman Fruktosa Tinggi
    Minuman manis memang terasa sangat menyegarkan, apalagi jika diminum dalam kondisi dingin. Namun, banyak minuman manis yang tersedia di pasaran yang kaya akan sirup jagung fruktosa. Salah satunya adalah minuman ringan.

    “Kami tahu bahwa sirup jagung fruktosa tinggi dapat memperburuk resistensi insulin, yang dapat menyebabkan diabetes tipe 2,” jelas ahli endokrinologi Dr Deena Adimoolam.

    Untuk menghindari minuman seperti ini, cek dulu label nutrisi pada kemasan produk. Sebaiknya pilih minuman yang tidak mengandung sirup jagung fruktosa tingkat tinggi. Akan lebih baik jika Anda beralih ke minuman tanpa pemanis, seperti air putih.

    Gula Ekstra
    Gula yang ditambahkan dapat disembunyikan dalam berbagai makanan yang jauh dari kata manis, seperti saus spageti dan roti. Minuman yang terlihat sehat seperti jus buah juga sering kali mengandung tambahan gula. Karena buahnya sendiri sudah mengandung gula, maka jus buah tanpa pemanis otomatis mengandung gula.

    “Jauhi asupan gula ekstra,” kata ilmuwan imunoterapi dan peneliti imunologi Dr. Leo Nissola.

    Kurangnya Gerak
    Gaya hidup yang tidak banyak bergerak dapat memengaruhi risiko seseorang terkena diabetes tipe 2. Untuk menghindari risiko tersebut, cobalah biasakan untuk mulai berolahraga atau melakukan aktivitas fisik secara rutin. Latihan ini bisa sesederhana berjalan kaki, atau bisa lebih berat, seperti berlari.

    Aktivitas fisik secara teratur dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan bahkan mencegah diabetes tipe 2. Selain itu, olahraga teratur juga memiliki beberapa manfaat kesehatan lainnya.

    “Ini dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan jantung Anda,” kata Dr. Adimoolam.




    Source