50 Orang Dikerahkan Pemadam Kebakaran di Kilang Minyak Pertamina RU IV Cilacap

Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – 50 orang dikerahkan untuk memadamkan kebakaran yang terjadi di tangki T39, Kompleks Kilang Paracilin, PT Pertamina RU IV Cilacap, Jawa Tengah.

Area Manager of Communication, Relations, & CSR RU IV Cilacap Sub Holding Refining & Petrochemical Pertamina, Hatim Ilwan mengatakan, pihaknya masih melakukan upaya pemadaman sisa kebakaran di area bundwall.

Pendinginan juga dilakukan untuk mencegah kebakaran terulang kembali.

Menurut upaya pemadaman api, dilakukan penyemprotan busa ke arah titik api.

“Upaya pemadaman api dilakukan dengan penyemprotan busa ke arah titik api. Sebanyak 50 petugas pemadam kebakaran dikerahkan untuk menangani kebakaran tersebut,” kata Hatim Ilwan dalam keterangan yang diterima, Jumat (11/6/2021) malam.

Hatim juga memastikan pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) tetap aman, meski sempat terjadi kebakaran di tangki berisi benzena di kawasan kilang Cilacap, Jawa Tengah.

Baca juga: Satu Tangki di Area Kilang Minyak Cilacap Terbakar, Pertamina Pastikan Suplai BBM Tetap Aman

“Meski terjadi kebakaran, Pertamina memastikan pasokan BBM dan LPG untuk masyarakat tetap aman,” ujarnya.

Dihubungi terpisah, Corporate Secretary Subholding Refining & Petrochemical, PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI), Ifki Sukarya menyampaikan, pihaknya belum bisa memastikan sampai kapan penanganan tangki bensin yang terbakar itu benar-benar aman.

Baca juga: BREAKING NEWS: Terjadi Kebakaran di Kilang Minyak Pertamina RU IV Cilacap

“Waktunya belum bisa kami prediksi, tapi fokus menjaga atau mengendalikan api agar terlokalisir,” kata Ifki.

Kilang Cilacap merupakan salah satu dari 6 kilang Pertamina, dan memiliki kapasitas pengolahan 270 ribu barel per hari.

Kilang ini memiliki sekitar 200 tangki untuk menampung minyak mentah yang akan diolah, gas dan bahan bakar dari pengolahan minyak mentah.



https://www.tribunnews.com/nasional/2021/06/11/50-orang-dikerahkan-untuk-padamkan-kebakaran-di-kilang-minyak-pertamina-ru-iv-cilacap