6 Manfaat Mendengarkan Nyanyian Ayat-ayat Alquran

Alquran berdampak pada pembaca dan pendengarnya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Mendengarkan pengajian mengaji ternyata memiliki manfaat tersendiri. Setidaknya ada enam manfaat yang bisa dirasakan seorang Muslim ketika mendengar lantunan Alquran.

PertamaMendengar bacaan Alquran membawa rahmat Allah SWT. Allah SWT berkata:

وَإِذَا قُرِئَ الْقُرْآنُ فَاسْتَمِعُوا لَهُ وَأَنْصِتُوا لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ “Dan ketika Alquran dibacakan, maka dengarkan baik-baik, dan perhatikan dengan tenang sehingga Anda akan menerima rahmat.” (Surat Al Araf 204)

Oleh karena itu dengan mendengarkan pembacaan Alquran maka akan mempercepat datangnya rahmat atau cinta Allah SWT.

Kedua, menghadiahkan banyak hadiah. Satu surat Alquran dihargai dengan 10 keutamaan. Dan Allah SWT memperbanyak kebaikan untuk siapapun yang Dia inginkan.

Ketiga, adalah mendapatkan tuntunan karena Alquran adalah salah satu pedoman bagi mereka yang mengamalkan dan mengamalkannya.

Oleh karena itu, mendengarkan mengaji adalah perbuatan saleh dan diberi tuntunan dan taufik. Allah SWT berkata:

إن هذا القرآن يهدي للتي هي أقوم ويبشر المؤمنين الذين يعملون الصيبشر المؤمنين الذين يعملون الصالحهن “Sungguh Alquran ini memberikan petunjuk (jalan) yang paling lugas dan memberi kabar baik kepada mukmin yang beramal saleh, bahwa mereka akan mendapat pahala yang besar”. (Surat Al Isra 9)

Keempat, Seorang Muslim yang mendengarkan pengajian Alquran dieliminasi dari sesuatu yang syubhat dan nafsu. Perbuatan baik ini juga menjadi cahaya di akhirat dan saat melintasi jembatan. Allah SWT berkata:

يا أيها الذين آمنوا توبوا إلى الله توبة نصوحا عسى ربكم أن يكفر عنكم سيئاتكم ويدخلكم جنات تجري من تحتها الأنهار يوم لا يخزي الله النبي والذين آمنوا معه نورهم يسعى بين أيديهم وبأيمانهم يقولون ربنا أتمم لنا نورنا واغفر لنا إنك على كل شيء قدير

Hai kamu yang beriman! Bertobatlah kepada Allah SWT dengan taubat yang paling murni, semoga Tuhanmu menghapus kesalahanmu dan menempatkanmu di surga yang mengalir di bawah sungai, di hari ketika Allah tidak mengecewakan Nabi. Dan orang-orang yang beriman dengannya , sementara terang mereka bersinar di depan dan di kanan mereka, sementara mereka berkata, “Ya Tuhan kami, sempurnakanlah bagi kami terang kami dan ampuni kami; Sungguh, Engkau Maha Kuasa atas segalanya. “(Surat At Tahrim ayat 8)

Kelima, dijauhkan dari api neraka dan menjadi jalan menuju kemenangan. Orang yang mendengar pengajian juga diberikan tuntunan dan taufik, serta kesembuhan bagi yang sakit hati dan badan.

Keenam, jiwanya merasa senang dan tenang setelah mendengar lantunan Alquran. Apalagi jika Anda tahu apa artinya. Kenikmatan mendengar lantunan ayat dari seorang qarid dengan suara yang merdu tidak bisa didapatkan kecuali dari Alquran.

Sumber: mawdoo3




Source