62 TKI Dideportasi dari Sabah karena Kasus Narkoba

Pekerja deportasi yang terlibat kasus narkoba akan tetap dikarantina selama lima hari.

REPUBLIKA.CO.ID, NUNUKAN – Sebanyak 132 TKI atau Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang dideportasi dari Sabah, Malaysia, 62 orang terlibat kasus narkoba. Kepala Seksi Perlindungan dan Pemberdayaan PMI BP2MI Nunukan Arbain, Senin (12/4), mengatakan ratusan TKI yang dideportasi kali ini karena berbagai pelanggaran.

Berdasarkan data yang diperoleh dari KJRI Tawau, Sabah menyatakan kasus terbanyak adalah narkotika, disusul pelaku kejahatan (34), ilegal atau tanpa paspor ke Malaysia sebanyak 27 orang dan overstay (9). Soal deportasi TKI yang tersangkut kasus narkoba masih akan dikarantina selama lima tahun. hari di Rusunawa Jalan Ujang Dewa, Desa Nunukan Selatan.

Namun, 62 TKI tersebut masih dalam pengawasan ketat baik dari pihak kepolisian maupun TNI sehingga tidak mengulangi aksinya selama berada di penampungan di Kabupaten Nunukan. Setelah dikarantina, BP2MI Nunukan akan kembali ke daerah asalnya namun dilakukan pemeriksaan usap terlebih dahulu untuk memastikan TKI yang dideportasi tersebut negatif Covid-19.

sumber: Antara




Source