7 Desa di Kabupaten Magelang Diguyur Hujan Abu Ringan, Aktivitas Warga Masih Aman

    TRIBUNNEWS.COM, MAGELANG – Gunung Merapi pada Kamis (12/8/2021) mengeluarkan awan panas hingga jarak 3.000 meter ke arah barat daya.

    Akibat peningkatan aktivitas Gunung Merapi, beberapa wilayah di Kabupaten Magelang mencatat hujan abu ringan, antara lain Desa Krinjing di Kecamatan Dukun, Desa Srumbung dan Pucanganom di Kecamatan Srumbung.

    Kemudian, Desa Gulon di Kecamatan Salam, Desa Gunungpring di Kecamatan Muntilan. Serta Desa Sawitan dan Desa Mendut di Kecamatan Mungkid.

    Baca juga: Dampak Abu Gunung Merapi, Tanaman Sayuran Rusak, Warga Magelang Susah Cari Pakan Ternak

    Kepala BPBD Kabupaten Magelang Edi Wasono mengatakan, aktivitas masyarakat terpantau aman dan tidak terganggu.

    “Saat ini kami sudah berkoordinasi dengan TRC Kabupaten dan masyarakat setempat. Serta melakukan pemantauan melalui alat komunikasi dan media sosial,” jelasnya melalui rilis yang diterima Tribunjogja.com, Kamis (12/8/2021).

    Berdasarkan pantauan Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) pada pantauan pagi ini pukul 00.00-06.00 WIB, terpantau empat longsoran awan panas dengan jarak luncur 1.800 meter hingga 3.000 meter ke arah barat daya.

    Baca juga: Ketua Umum MUI KH Miftahul Akhyar Kecelakaan Usai Sholat Subuh di Rest Area Tol Salatiga

    Selama periode ini, cuaca di Gunung Merapi cerah dan berawan.

    Angin bertiup ke Barat Laut.

    Suhu udara 16-19°C, kelembaban 60-90 persen, dan tekanan udara 655-719 mmHg.

    Aktivitas seismik yang terjadi antara lain 71 longsoran, 1 kali gempa embusan, 21 kali gempa hybrid/multifase dengan durasi 3 sampai 5 detik.

    Saat ini Gunung Merapi masih berstatus siaga (level III).

    Artikel ini telah tayang di TribunJogja.com dengan judul Aktivitas Gunung Merapi Meningkat, Sebanyak 7 Desa di Kabupaten Magelang Digenangi Hujan Abu Ringan,



    https://www.tribunnews.com/regional/2021/08/12/7-desa-di-kabupaten-magelang-diguyur-hujan-abu-tipis-aktivitas-warga-masih-aman