70 Persen Generasi Milenial Tertarik Membeli Rumah Bukan Apartemen

    Laporan Jurnalis Tribunnews, Choirul Arifin

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Sepanjang kuartal I 2021, ternyata 70 persen generasi milenial berusia 25 hingga 41 tahun lebih tertarik membeli rumah dibandingkan apartemen buatan online, berdasarkan data terbaru di portal properti Lamudi.co.id.

    Mart Polman, Managing Director Lamudi, mengatakan banyak generasi milenial yang tertarik membeli rumah karena tinggal di landed house dinilai lebih aman daripada apartemen.

    Selain itu, luas rumah yang lebih luas dari unit apartemen menjadi salah satu pemicu mengapa mereka lebih tertarik untuk membeli rumah.

    “Meski begitu, kami melihat ada peningkatan permintaan apartemen lebih dari 140 persen pada awal 2021, dibanding awal 2019,” kata Mart, Minggu (8/5/2021).

    Baca juga: Pasokan Meningkat, Harga Properti Turun dalam 9 Bulan Terakhir

    Mart menuturkan, saat ini sebenarnya saat yang tepat untuk membeli properti karena pemerintah telah memberikan berbagai rangsangan untuk mendorong minat seseorang membeli rumah.

    Misalnya, ada pelonggaran Loan to Value (LTV) hingga 100 persen, dengan aturan ini setiap konsumen bisa membeli rumah tanpa uang muka (DP). Kemudian ada juga pemberian insentif potongan PPN untuk rumah ready stock dengan harga maksimal Rp 5 Miliar.

    “Pemerintah saat ini juga sudah melarang orang bolak-balik. Nah, anggaran yang biasanya digunakan untuk mudik bisa dialihkan untuk membeli rumah minimal uang muka,” kata Mart di sela-sela acara peresmian rumah tangga. kantor baru Lamudi, April lalu.

    Baca juga: Diincar Sultan, apartemen mewah di Jakarta Selatan ini dibanderol mulai Rp 43 juta per meter persegi

    Lamudi kini resmi menempati kantor baru di Capital Place, Jakarta, di 3 lantai yang mampu menampung 450 staf.

    Kantor baru tersebut memiliki kapasitas 4 kali lebih besar dari lokasi sebelumnya yang terletak di Sudirman Central Business District (SCBD), Jakarta.

    Menurut Mart, alasan pihaknya pindah kantor karena pertumbuhan tim yang tinggi dan untuk memfasilitasi target perseroan untuk terus tumbuh dan memperkuat posisi Lamudi.co.id di industri teknologi properti.

    Baca juga: Penjualan Properti Menunjukkan Peningkatan, Ekonomi Berangsur-angsur Pulih

    “Ini langkah strategis sekaligus wujud keseriusan kami menggarap pasar properti di Indonesia,” ujar Mart. Meski tahun 2020 merupakan tahun yang penuh tantangan, menurutnya perseroan berhasil terus berkembang. Kantor baru Lamudi.co.id merupakan tanda kepercayaan perseroan terhadap potensi pertumbuhan di tahun-tahun mendatang.

    Menurutnya, tahun 2020 sangat menantang, namun pihaknya berhasil bertahan bersama tanpa ada pemutusan hubungan kerja dan sebaliknya timnya tumbuh hingga 50 persen.

    “Pada Mei 2020, kami juga resmi bergabung dengan Emerging Markets Property Group. Dengan dukungan pengalaman, teknologi, dan pendanaan mereka, kami yakin bisa tumbuh lebih cepat lagi,” ucapnya.

    Tahun ini, pihaknya fokus mengembangkan Lamudi menjadi lebih besar dan mencari talenta terbaik untuk bergabung.




    Source