8 Sekolah Resmi Ini Buka Pendaftaran Hari Ini

    Kedelapan sekolah tersebut adalah STAN, STTD, STPI, IPDN, STSN, STMKG, dan STIS.

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pendaftaran sekolah resmi tahun 2021 dijadwalkan dibuka pada Jumat (9/4) hari ini. Pendaftaran ini dilakukan secara online melalui halaman sscasn.bkn.go.id, dengan memilih menu Dikdin atau melalui dikdin.bkn.go.id.

    Berikut delapan sekolah resmi yang membuka pendaftaran tahun ini:

    1. Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN). PKN STAN memiliki program studi D1 Perpajakan, D1 Bea dan Cukai, D1 Perbendaharaan Negara, D3 Akuntansi, D3 Pajak, D3 Bea dan Cukai, D3 Perbendaharaan Negara, D3 Manajemen Aset, D3 Penilaian / Pajak Bumi dan Bangunan dan D4 Akuntansi.
    2. Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) dan Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI). STTD dan STPI adalah dua sekolah resmi yang berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan (Kemenhub). STTD menawarkan beberapa program besar, yaitu Transportasi Darat, Manajemen Transportasi Jalan, dan Manajemen Transportasi Kereta Api.
    3. Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN). IPDN merupakan sekolah resmi di bawah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang mendidik kader pemerintah di tingkat pusat dan daerah. Sekolah ini memiliki dua fakultas yaitu Manajemen Pemerintahan dan Politik Pemerintahan dengan gelar Sarjana Ilmu Terapan sesuai dengan program studinya masing-masing.
    4. Sekolah Menengah Kode Negara (STSN). STSN merupakan sekolah resmi di bawah Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dengan sistem penerimaan siswa baru yang dilaksanakan secara bertahap dan menerapkan sistem knockout. Lulusan STSN akan menerima ijazah IV yang berlangsung selama empat tahun pendidikan.
    5. Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (STMKG). STMKG merupakan sekolah resmi yang berada di bawah naungan BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika). Setelah menyelesaikan pendidikan, lulusan STMKG akan diangkat menjadi PNS BMKG dan bekerja di kantor BMKG seluruh Indonesia.
    6. Politeknik Imigrasi (Poltekim). Poltekim merupakan sekolah resmi di bawah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Di sekolah ini, pendidikan profesi taruna berlangsung selama tiga tahun. Dimulai dengan pendidikan dasar Kesamaptaan bersama Korps Brimob atau Korps Marinir.
    7. Perguruan Tinggi Intelijen Negara (STIN). STIN merupakan sekolah resmi di bawah Badan Intelijen Negara (BIN) yang memiliki dua program studi yaitu Agen dan Analis. Sekolah resmi ini berlokasi di Sentul, Bogor, Jawa Barat. Di STIN para taruna akan diajarkan tentang kecerdasan serta ilmu fisik dan mentalnya.
    8. Politeknik Statistika Sekolah Tinggi Statistik (STIS). STIS merupakan sekolah resmi yang dikelola oleh Badan Pusat Statistik (BPS), dengan dua pilihan program studi yaitu D3 Statistika, D4 Statistika dengan dua peminatan, yaitu Komputasi Statistik dan Ekonomi Kependudukan dan Sosial.

    “Calon pelamar bisa mempersiapkan dan mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan untuk mendaftar seleksi sekolah resmi 2021 mulai sekarang,” kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo dalam keterangan tertulis yang diterima. Republika, Rabu (7/4).




    Source