Ada 8,7 juta pekerja yang akan mendapatkan subsidi sebesar Rp. 1 juta, ini syarat penerima BSU 2021

    Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pemerintah akan mengucurkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) 2021 kepada pekerja dengan gaji di bawah Rp. 3,5 juta. Secara total, penerima subsidi ini akan mencapai 8,7 juta pekerja.

    Staf Khusus Kementerian Tenaga Kerja Bidang Perekonomian Reza mengatakan, pemerintah telah menyiapkan anggaran minimal Rp. 8,8 triliun untuk disalurkan kepada penerima BSU tahun 2021.

    “Dari perkiraan kami angkanya cukup konsisten, sekitar 8,7 juta, makanya anggaran kami juga Rp 8,8 triliun. Kurang lebih 8,7 juta yang diserahkan ke BPJS kemarin,” kata Reza dalam diskusi produktif Bantuan Subsidi Upah. Berita. Karya FMB 9 disiarkan TV Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kamis (12/8/2021).

    Baca juga: 8,7 Juta Pekerja Dapat Subsidi Rp1 Juta Hanya Yang Terdaftar BPJS Ketenagakerjaan

    Untuk tahap pertama, kata Reza, pihaknya telah menyalurkan BSU 2021 kepada 1 juta tenaga kerja pada Selasa (10/8/2021). Nantinya, penyaluran bantuan ini akan dilakukan paling lambat September 2021.

    “Untuk tahap pertama, data dari Kementerian Tenaga Kerja sebanyak 1 juta orang pada Selasa, kami telah menerima pemberitahuan dari Dirjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan sudah mulai didistribusikan. Artinya sudah sudah diproses di KPPN untuk disalurkan ke Bank Himbara,” ujarnya.

    Lebih lanjut, Reza memastikan penyaluran ini dilakukan dengan prinsip kehati-hatian karena sepenuhnya diawasi oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Termasuk, penerima bantuan harus tepat sasaran dan tidak tumpang tindih.

    Baca juga: Kapan BLT Subsidi Gaji Rp 1 Juta Cair? Begini Cara Cek Penerima BSU dari Kemenaker

    “Karena ini agar tepat sasaran ya. Tidak tumpang tindih dengan bantuan program sosial lainnya. Jadi memang di Permenaker kita upayakan agar tidak tumpang tindih, kita coba samakan BSU dengan Pra -Data kepegawaian dengan data BPUM tadi,” ujarnya.

    Pendistribusian BSU 2021 mengacu pada Peraturan Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia nomor 16 Tahun 2021. Dalam peraturan tersebut, kriteria atau syarat penerimaan BSU 2021 adalah sebagai berikut:

    – Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK).



    https://www.tribunnews.com/nasional/2021/08/12/ada-87-juta-pekerja-bakal-dapat-subsidi-rp-1-juta-ini-syarat-penerima-bsu-2021