Adakah doa khusus yang dibacakan saat membaca Khatam Al-Quran di bulan Ramadhan? Berikut penjelasannya

    TRIBUN JABAR / GANI KURNIAWAN

    Jemaah mengisi waktu dengan mengaji sambil melakukan itikaf di Mesjid Raya Habiburrahman PT Dirgantara Indonesia, Jalan Pajajaran, Kota Bandung, Minggu (26/6/2016). Ratusan keluarga dari berbagai daerah, antara lain Bekasi, Cikarang, Jakarta, Riau, Kalimantan, Semedang, Bandung, Depok, dan Sukabumi, mengikuti itikaf selama sepuluh hari ke depan di masjid ini dengan memasang tenda di sekitar masjid. Kegiatan itikaf yang mereka ikuti antara lain mengikuti perkuliahan bada duhur dan asar, menghafal Al-Quran, qiyamullail berjamaah 3 juz setiap malam, dan mempelajari Alquran tahsin. TRIBUN JABAR / GANI KURNIAWAN

    TRIBUNNEWS.COM – Adakah doa khusus yang dibacakan selama Khatam Al-Quran di Bulan Ramadhan? Berikut penjelasannya.

    Salah satu amalan sunnah di bulan Ramadhan seperti yang diajarkan Nabi Muhammad SAW yaitu mempelajari dan memperbanyak bacaan Alquran.

    Umat ​​Islam diimbau untuk membaca Alquran dan mempelajari isinya selama bulan Ramadhan.

    Mengutip Buku Panduan Ramadhan Dalam publikasi literatur muslim, Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan bahwa Rasulullah SAW lebih banyak melakukan amal shalih di bulan Ramadhan, diantaranya dengan memperbanyak sedekah, berbuat baik, shalat, mengaji dan mengaji itikaf.

    Tidak sedikit orang yang berlomba-lomba menghancurkan Alquran selama bulan Ramadhan.

    Usai menghafal Alquran, sebagian orang sering bertanya, adakah doa khusus yang dibacakan saat mengaji di bulan Ramadhan?

    Baca: Hukum Mencicipi Makanan atau Kuliner Saat Puasa, Apakah Berbuka?

    Baca: Hukum Mandi Secara Sengaja di Siang Hari Saat Puasa Ramadhan

    Baca: Hukum Makan dan Minum Saat Sahur Meski Saat Imsak, Bisakah Dilakukan?

    Ketua Umum Ikatan Indonesia (Ikadi) Jawa Tengah, Wahid Ahmadi, mengatakan tidak ada doa khusus yang dibacakan setelah mengaji di bulan Ramadhan.

    Tidak ada doa khusus, tetapi bagi seseorang yang ingin berdoa dengan tujuan yang diinginkan juga tidak dilarang.

    Seseorang dapat membaca doa sesuai keinginan, misalnya meminta istiqomah dan dapat membakar Alquran lagi di luar bulan Ramadhan.

    “Ya Allah, beri kami keberkahan hidup dengan Alquran ini, beri kami arahan sesuai Alquran, beri kami ciri-ciri agar bisa bersemedi lagi di luar bulan Ramadhan,” kata Wahid mencontohkan shalat.




    Source