ADB Menyediakan 80 Miliar Dolar AS untuk Mendanai Program Perubahan Iklim

    Anggaran ADB sebesar 80 miliar dolar AS dicairkan secara kumulatif dari 2019 hingga 2030

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Asian Development Bank (ADB) memberikan dana sebesar 80 miliar dolar AS secara kumulatif dari 2019 hingga 2030. Anggaran tersebut digunakan untuk membiayai program perubahan iklim.

    Presiden ADB Masatugu Asakawa mengatakan pihaknya bekerja untuk membantu upaya negara-negara berkembang untuk melakukan transisi yang adil dan terjangkau menuju ekonomi hijau. “ADB menargetkan untuk menyediakan setidaknya US$80 miliar untuk pembiayaan program perubahan iklim, dari 2019 hingga 2030, secara kumulatif,” katanya dalam pernyataan resmi seperti dikutip Sabtu (24/7).

    Menurut dia, ADB akan meningkatkan investasi program adaptasi dan ketahanan perubahan iklim sebesar sembilan miliar dolar AS secara kumulatif dari 2019 hingga 2024. Tidak hanya itu, Asakawa mengatakan ADB mendorong program sponsor dari sektor swasta untuk mengembangkan Energy Transition Mechanism (ETM). di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

    Dia membayangkan ETM akan terdiri dari fasilitas yang mengkatalisasi sumber pendanaan berbasis donor (donasi) dan filantropi. Asakawa selanjutnya menggambarkan ETM sebagai metode yang adil dan berbasis pasar untuk mempercepat transisi dari pembangkit listrik berbahan bakar batubara, serta memulai pertumbuhan dalam penggunaan energi terbarukan.

    “ETM berpotensi membantu negara berkembang mengurangi emisi gas rumah kaca mereka,” katanya.



    https://www.republika.co.id/berita/qwq5we459/adb-sedia-80-miliar-dolar-as-danai-program-perubahan-iklim