Agar terhindar dari sifat kikir, bacalah doa ini

Abdurahman bin Auf selalu membaca doa agar tidak pelit.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sufyan ats Tsauri melihat seseorang melaksanakan salat tawaf. Doa ini diulangi lagi dan lagi.

Allahuma qinni syuhha nafsii (Ya Allah, singkirkan dariku sifat pelit (lagi-lagi serakah), dan jadikanlah aku yang beruntung). ” Doa ini diketahui Ats Tsarui diambil dari kata Allah Ta’ala dalam surat Ath Taghabun ayat 16.

“Andai saja saya diselamatkan dari sifat syuhh, tentunya saya tidak akan mencuri harta orang, tidak akan berzina dan tidak akan melakukan maksiat lainnya,” tanya Tsauri ats kepada pria tersebut. Ternyata pria tersebut adalah Abdurahman bin Auf. (Disampaikan oleh Ibn Kathir dalam tafsir Surat Al Hasyr ayat 10).

Abdurrahman bin Auf ra, salah satu sahabat terkaya Nabi Shallallahu alaihi wasallam, dikatakan sebagai orang yang sangat dermawan. Namun, kemurahan hatinya tidak menutupi Abdurrahman RadhiyAllahu ‘Anhu dari shalat agar tidak pelit.

Kabar dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah karena Abdurrahman RadhiyAllahu’ Anhu adalah salah satu sahabat Nabi yang tidak pernah ragu untuk menyumbangkan asetnya untuk kepentingan dakwah Islam. Oleh karena itu, tidak salah jika Rasulullah SAW menyatakan bahwa Abdurrahman RadhiyAllahu ‘Anhu masuk surga dengan merangkak.

Diartikan bahwa Abdurrahman merangkak bukan karena sulit baginya untuk masuk surga, tetapi karena letaknya yang sangat dekat dan mudah, sehingga tidak perlu berjalan lagi, cukup merangkak saja.




Source