Airlangga Apresiasi Hasil Petani Kalsel Bantu Warga Isoman

    Hasil panen petani Kalsel digunakan untuk membantu pemenuhan kebutuhan pangan warga isoman Covid-19.

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengapresiasi langkah Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) membantu petani serta warga yang menjalani isolasi mandiri dari Covid-19. Dalam kunjungan kerjanya ke Kalsel, Jumat (20/8) lalu, Airlangga menyempatkan diri untuk memanen tanaman cabai dan melon sela dari Kelompok Tani Ngudi Rahayu di Desa Syamsudin Noor, Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjarbaru.

    Ada sekitar 30 orang yang tergabung dalam kelompok tani ini. Mereka memiliki lahan seluas 28 hektar. Uniknya, hasil panen kelompok tani ini dibeli langsung dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalsel.

    Airlangga mengatakan hasil panen petani dibeli dengan harga di atas harga pasar untuk membantu petani di masa pandemi Covid-19. Selain dibeli, hasil panen petani langsung dibagikan kepada masyarakat yang menjalani isolasi mandiri COVID-19.

    “Saya sangat mengapresiasi Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kalsel yang responsif dan benar-benar hadir membantu petani. Apalagi hasil panennya disumbangkan kepada orang-orang yang isoman,” kata Airlangga, dalam keterangannya, Sabtu (21/8).

    Ketua Panitia Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) menambahkan, hasil panen para petani ini dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi dan vitamin warga isoman untuk pulih dari Covid-19. Menko Airlangga mengatakan, pemerintah pusat mendorong penguatan ketahanan pangan dan peningkatan kesejahteraan petani. Yakni, melalui perhatian pemerintah daerah.

    Airlangga menegaskan, sektor pertanian merupakan salah satu sektor penting untuk melindungi bangsa dan negara, terutama di masa pandemi Covid-19. “Saya berharap implementasi program-program di sektor pertanian terus dioptimalkan, terutama dari sisi kesejahteraan petani,” kata Airlangga.

    Berdasarkan data Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, sektor pertanian mampu bertahan dan tumbuh positif selama 2020-2021. Pada tahun 2020, produk domestik bruto (PDB) sektor pertanian tercatat sebesar 1,75 persen. Sedangkan pada triwulan I tahun 2021 meningkat menjadi 2,95 persen.



    https://www.republika.co.id/berita/qy6hy2436/airlangga-apresiasi-hasil-petani-kalsel-bantu-warga-isoman