Airlangga Hartarto optimistis ekonomi Indonesia tumbuh 7 persen pada kuartal II-2021

    Laporan Jurnalis Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Airlangga Hartarto meyakini pertumbuhan ekonomi Indonesia akan mencapai 7 persen pada kuartal II-2021.

    Hal tersebut disampaikan Airlangga dalam dialog bertajuk Antisipasi Mobilitas Masyarakat dan Pencegahan Lonjakan Kasus Pascalibur Lebaran Covid-19 yang disiarkan di kanal YouTube BNPB Indonesia, Sabtu (15/5/2021).

    “Pertumbuhan ekonomi pada triwulan II sudah memasuki jalur positif dan diperkirakan mencapai 7 persen,” kata Airlangga.

    Baca juga: Mulai hari ini, pemudik yang pulang ke Jakarta akan dites baik PCR maupun antigennya secara acak

    Airlangga optimistis karena berdasarkan pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) Indonesia triwulan I-2021 sebesar 0,74 persen.

    Tren positif tersebut menurut Airlangga ditandai dengan beberapa indikator seperti Purchasing Manager’s Index (PMI) 54,6, Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) di zona optimis 101,5 serta membaiknya kinerja ekspor dan impor.

    Baca juga: Taman Impian Jaya Ancol Ditutup, Bagaimana Nasib Mereka yang Telah Membeli Tiket?

    Airlangga menambahkan, belanja pemerintah dan kinerja sektor komunikasi dan informasi hingga properti juga tumbuh lebih baik.

    “Dengan PPnBM dan PPN yang ditanggung pemerintah, sekarang sudah ke arah yang positif, dan sudah terjadi peningkatan yang cukup tinggi,” kata Airlangga.


    Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia

    Editor: Sanusi




    Source