Airlangga: Konsumsi Masyarakat Mulai Pulih

    Ada peningkatan signifikan dalam belanja nasional pada April 2021.

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pemerintah merilis data yang menunjukkan tren peningkatan konsumsi masyarakat. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, hasil big data monitor perbankan menunjukkan peningkatan belanja nasional yang signifikan pada April 2021.

    “Dimana tumbuh 32,48 persen yoy untuk yang tidak disesuaikan secara musiman, dan 13,11 persen untuk itu disesuaikan secara musimankata Airlangga usai rapat tertutup di kantor presiden, Senin (19/4).

    Selain itu, peningkatan konsumsi juga terlihat pada angka PMI yang mencapai 53,2, jauh di atas rata-rata angka PMI sebelum tahun 2019 yang hanya sebesar 51. Pendapatan sektor industri, kata Airlangga, juga mencatatkan peningkatan sebesar 10,26. persen pada basis tahun ke tahun untuk itu disesuaikan secara musiman dan tumbuh menjadi 1,46 persen disesuaikan secara musiman. Sebagai informasi, penghitungan data statistik dengan penyesuaian musim dilakukan untuk menghilangkan wewangian musiman.

    “Nah, untuk menjaga keseimbangan pengendalian Covid-19 dan pengungkit ekonomi, pemerintah telah melakukan beberapa program. Yakni pengendalian Covid-19 melalui pembatasan kegiatan, baik kegiatan mudik maupun pembatasan perjalanan,” kata Airlangga.




    Source