Alhamdulillah orang arab buka umroh dari indonesia, 62.000 calon jemaah sudah siap diberangkatkan

    TRIBUNNEWS.COM — Kabar baik dari Arab Saudi. Negara ini telah membuka kembali dirinya untuk jemaah umrah dari Indonesia.

    Orang Arab menganggap Indonesia aman dari pandemi Covid-19, sehingga memungkinkan warga negara Indonesia untuk beribadah di Tanah Suci.

    Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi mengatakan pemerintah Arab Saudi kembali membuka umrah bagi jemaah haji Indonesia.

    Keputusan ini berdasarkan nota diplomatik dari Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta pada 8 Oktober 2021.

    Menanggapi hal tersebut, Direktur Umrah dan Haji Khusus M Nur Arifin mengatakan, terkait rencana pembukaan umrah bagi jemaah haji asal Indonesia, pemerintah akan memitigasi kesiapan jemaah umrah asal Indonesia.

    Baca juga: Izin Umroh Indonesia Jadi Modal Positif Penyelenggaraan Haji

    “Kami dari Kemenag saat ini sedang memitigasi kesiapan calon jemaah umrah,” kata Arifin saat dihubungi Kontan.co.id, Senin (10/11/2021).

    Arifin mengatakan ada kenaikan biaya umroh sebesar 30 persen dari kondisi normal.

    Sebagai gambaran, dalam kondisi normal, biaya umrah minimal Rp 20 juta. Namun, dengan adanya pandemi Covid-19, berdasarkan Keputusan Menteri Agama Nomor 777 Tahun 2020, biaya umrah minimal ditetapkan sebesar Rp26 juta.

    “Itu keputusan kemarin di tahun 2020, saat ini kita evaluasi lagi apakah masih sama atau ada perubahan karena kondisi pandemi 2020 berbeda dengan sekarang,” jelasnya.

    Menurutnya, ibadah umroh akan dilaksanakan setelah pemerintah menerima informasi resmi pembukaan umrah oleh Arab Saudi. Maka saat ini Kemenag terus berkomunikasi dengan Arab Saudi untuk melihat kesiapan jemaah Indonesia.



    https://www.tribunnews.com/bisnis/2021/10/11/alhamdulillah-arab-buka-untuk-ibadah-umrah-asal-indonesia-62000-calon-jemaah-siap-diberangkatkan