Aman dan Sesuai dengan Persyaratan Kualitas, BPOM Mengizinkan Penggunaan Kembali Vaksin AstraZeneca Batch CTMAV547

    Laporan Jurnalis Tribunnews.com, Rina Ayu

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Badan POM telah memastikan bahwa nomor batch vaksin Astrazeneca COVID-19 CTMAV547 dapat digunakan kembali.

    Sebelumnya, peredaran dan penggunaan vaksin batch sempat dihentikan sementara karena adanya laporan Infeksi Pasca Imunisasi (KIPI).

    “Pada tanggal 25 Mei 2021, PPPOMN telah menerbitkan laporan pengujian vaksin AstraZeneca Covid-19 batch CTMAV 547 dengan kesimpulan bahwa toksisitas dan sterilitas abnormal dari vaksin AstraZeneca COVID-19 batch CTMAV 547 memenuhi persyaratan kualitas dan aman digunakan,” tulis pernyataan resmi yang diterima Tribunnews.com. , Kamis (27/5/2021).

    Baca juga: Usai Pemeriksaan, Komnas KIPI Tegaskan Aman Vaksin AstraZeneca

    Berdasarkan hasil pengujian tersebut, dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan antara kualitas vaksin Astrazeneca COVID-19 nomor batch CTMAV547 dengan KIPI yang dilaporkan.

    Keluarga tersebut berdoa di makam Trio Fauqi Virdaus yang terletak di Duren Sawit, Jakarta Timur. Almarhum meninggal setelah menerima vaksinasi AstraZeneca Covid-19. (KHUSUS)

    “Untuk alasan ini, nomor batch vaksin COVID-19 milik AstraZeneca CTMAV 547 dapat digunakan kembali,” lanjut pernyataan itu.

    Pengujian dilakukan oleh BPOM bersama dengan Komisi Nasional Pengkajian & Pencegahan KIPI (Komnas PP KIPI), Komisi Daerah Pengkajian & Pengendalian KIPI (Komda PP KIPI), di Pusat Pengembangan Pengujian Makanan dan Obat Nasional. (PPPOMN) dari Badan POM.

    Uji mutu dilakukan sebagai tindakan untuk mengetahui keterkaitan antara mutu produk vaksin dengan KIPI yang dilaporkan, terutama untuk mengetahui konsistensi mutu vaksin pada saat pendistribusian dan penyimpanan hasil lot pelepasan. yang dilakukan sebelum vaksin didistribusikan.

    Badan POM selalu melakukan pengawasan terhadap kualitas vaksin COVID-19 sebelum didistribusikan dengan mengeluarkan pelepasan lot dan saat peredarannya dengan melakukan pengambilan sampel secara berkala dan pengujian kualitas.

    Badan POM bersama Kementerian Kesehatan RI dan Komnas PP KIPI terus memantau keamanan vaksin yang digunakan di Indonesia dan menindaklanjuti setiap tindak lanjut pasca imunisasi.



    https://www.tribunnews.com/nasional/2021/05/27/aman-dan-penuhi-syarat-mutu-bpom-izinkan-kembali-penggunaan-vaksin-astrazeneca-batch-ctmav547