Analis Menunggu Penjelasan Tapering Lanjutan dalam Pidato Powell

    Analis menunggu kapan bank sentral AS akan mulai mengurangi pembelian aset.

    REPUBLIKA.CO.ID, WYOMING — Pidato Ketua Federal Reserve Jerome Powell yang sangat dinanti pada konferensi ekonomi Jackson Hole pada Jumat (27/8) kemungkinan akan membocorkan beberapa petunjuk baru tentang ekonomi global. lonjong. Analis sedang menunggu petunjuk kapan bank sentral AS dapat mulai mengurangi pembelian aset besar-besaran.

    “Itulah tantangan terbesar, komunikasi seputar penurunan dan kenaikan tarif ini,” kata Steve Kelly, seorang profesor di Yale School of Management. Reuters, Kamis (26/8).

    Powell diperkirakan akan menjelaskan mengapa pengurangan $120 miliar dalam pembelian bulanan Treasury AS dan sekuritas yang didukung hipotek tidak berarti kenaikan suku bunga dalam waktu dekat. The Fed perlu menjaga pengusaha dari mendorong biaya pinjaman lebih dari suku bunga bank sentral sementara jutaan orang masih menganggur.

    Risalah pertemuan kebijakan 27-28 Juli mereka menunjukkan bahwa banyak yang berpikir penting untuk menekankan tidak ada hubungan antara pengurangan pembelian obligasi dan kenaikan suku bunga. Menyampaikan ini tidak mudah.

    Banyak pejabat Fed juga merasa akan lebih baik untuk mengakhiri program pembelian obligasi sebelum menaikkan suku bunga. Dan mereka terus memperdebatkan apakah akan mengurangi pembelian dengan cepat atau memperpanjangnya mungkin selama delapan bulan lagi.

    Selain itu, beberapa pembuat kebijakan berpendapat bahwa pembelian obligasi tidak banyak membantu karena ditujukan untuk meningkatkan permintaan. Tetapi ini tidak dapat memecahkan kemacetan yang dihadapi bisnis saat mereka berjuang untuk memenuhi permintaan itu karena ekonomi dibuka kembali lebih cepat.

    Dengan begitu banyak kegelisahan, kemungkinan Powell akan memanfaatkan sambutannya di konferensi bank sentral Kansas City Fed, yang biasanya berlangsung di Jackson Hole, Wyoming. Konferensi ini akan diadakan secara virtual untuk tahun kedua berturut-turut untuk memuaskan investor.

    Apalagi sekarang, dengan kasus varian Delta yang terus melonjak, menunjukkan tanda-tanda perlambatan pemulihan ekonomi AS, terutama di wilayah negara yang paling parah dilanda infeksi. Data tersebut menimbulkan pertanyaan baru tentang konsensus internal pertemuan Fed bulan lalu bahwa itu akan mulai menarik dukungan luar biasa untuk ekonomi akhir tahun ini.

    Bahkan pejabat Fed Kaplan Dallas, pendukung besar langkah tersebut, mengatakan pekan lalu dia mulai membuka kemungkinan lain. Dia mulai melihat tanda-tanda dampak Delta dan mengatakan dia akan tetap berpikiran terbuka menjelang pertemuan kebijakan Fed bulan depan.

    “Sulit membayangkan The Fed berkomitmen pada tenggat waktu tertentu mengingat krisis kesehatan masyarakat yang sedang berlangsung,” kata ekonom Jefferies Aneta Markowska.

    Powell akan berbicara melalui webcast pada pukul 10 pagi waktu AS pada hari Jumat. Markowska mengatakan kemungkinan Powell akan mengakui kemajuan ekonomi menuju lapangan kerja penuh, meskipun ingin tetap membuka pintu untuk memulai pengurangan pada November.

    “Dia akan sangat berhati-hati untuk mengunci garis waktu seperti itu,” kata ekonom Goldman Sachs dalam sebuah catatan minggu ini.



    https://www.republika.co.id/berita/qyh9dj370/analis-menanti-penjelasan-tapering-lanjutan-di-pidato-powell