Anies bersyukur Jakarta menduduki peringkat 46 kota aman di dunia

    Jakarta menempati peringkat 46 dalam indeks kota aman dari 60 kota di dunia.

    REPUBLIKA.CO.ID, — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersyukur Jakarta menduduki peringkat 46 indeks kota aman dari 60 kota di dunia berdasarkan laporan majalah Economist tahun 2021. Jakarta berada di posisi 46 dengan skor 56,4 dari skor. 100 atau tergolong tingkat sedang atau rata-rata.

    “Kami tentu bersyukur Jakarta menjadi salah satu kota teraman di dunia. Kami ingin mendorongnya lebih jauh,” kata Anies Baswedan saat meninjau vaksinasi ekspatriat di Balai Kota Jakarta, Selasa (24/8).

    Menurutnya, pihaknya akan mendorong penggunaan aplikasi oleh masyarakat, terutama untuk perlindungan yang diluncurkan dua tahun lalu, misalnya perlindungan perempuan. Melalui aplikasi Jakarta Kini (Jaki), Anies menambahkan, masyarakat dapat melaporkan setiap kejadian atau kejadian penting, termasuk yang berkaitan dengan keselamatan.

    “Kami sedang mempersiapkan aplikasi, publikunduh, manfaatkan semua yang ada di Jaki. Unduh aplikasi super apps ini,” ujarnya.

    Sebelumnya, majalah ekonomi Economist melalui Economic Monitoring Unit merilis daftar peringkat 60 kota di dunia terkait indeks keamanan 2021. Laporan tersebut didasarkan pada 76 indikator yang mencakup isu-isu utama termasuk digital, kesehatan, infrastruktur, pribadi, dan lingkungan.

    Kota Kopenhagen di Denmark berada di posisi pertama dengan skor 82,4. Sedangkan dibandingkan negara Asia Tenggara lainnya, Jakarta berada di bawah Singapura yang berada di peringkat ketiga, kemudian Kuala Lumpur (32), Bangkok (43), Ho Chi Minh City di Vietnam (45).

    sumber : Antara



    https://www.republika.co.id/berita/qyc2wf487/anies-bersyukur-jakarta-masuk-peringkat-46-kota-aman-dunia