Anies Minta Semua Program RPJMD Segera Selesai

    Anies mengingatkan, salah satu program yang harus diselesaikan adalah sosial kemasyarakatan

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan meminta agar seluruh program Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) 2017-2022 yang belum terlaksana dapat segera diselesaikan. Hal tersebut ia sampaikan saat membuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) DKI Jakarta secara virtual, Rabu (14/4).

    “Musrenbang ini dibahas untuk tahun 2022 yang juga merupakan tahun terakhir RPJMD. Jadi, mudah-mudahan bisa dipastikan semua kegiatan program dalam RPJMD bisa selesai tahun ini,” kata Anies.

    Anies menuturkan, salah satu program yang harus dilakukan adalah terkait program sosial kemasyarakatan. Pasalnya, jelasnya, sejak wabah Covid-19 terjadi di Jakarta, masalah kesejahteraan masyarakat (Kesra) pun semakin meningkat.

    “Salah satu pekerjaan rumah besar yang harus kita selesaikan dalam RPJMD ini terkait dengan penyelesaian program sosial kemasyarakatan. Kita sadar ketika terjadi kontraksi ekonomi akibat pandemi, maka masalah kesejahteraan masyarakat (Kesra) menjadi salah satu permasalahannya. dengan skala yang membesar, “ujarnya.

    “Dulu, lebih sedikit orang dengan ekonomi lemah atau rentan, ketika pandemi meningkat cukup besar. Oleh karena itu, pada tahun 2022 perlu ada keseriusan untuk program-program yang berkaitan langsung dengan kesejahteraan manusia, terutama dalam aspek kesehatan, pendidikan, dan aspek. kegiatan usaha mikro dan kecil, ”lanjut Anies menjelaskan. .

    Selain itu, Anies juga mengatakan pihaknya akan fokus meningkatkan daya beli masyarakat Ibu Kota. Pasalnya, 60 persen perekonomian DKI Jakarta ditopang oleh sektor konsumsi.

    “Sebagian besar, 60 persen perekonomian Jakarta ditopang oleh konsumsi. Jadi jika kita bisa meningkatkan kelompok ini maka akan berdampak signifikan terhadap perekonomian di Jakarta,” jelasnya.

    Anies membenarkan, pihaknya akan melonggarkan regulasi bisnis. Tujuannya untuk mendorong sektor swasta bergerak lebih cepat dalam pemulihan ekonomi.

    “Karena cepatnya sektor swasta bergerak akan sangat mempengaruhi penyerapan tenaga kerja, maka dalam pajak pendapatan daerah itu semua berimplikasi langsung pada pemulihan kita,” ujarnya.

    Lebih lanjut, Anies juga menginstruksikan jajaran Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI Jakarta untuk menyisir seluruh program RPJMD yang masuk dalam kegiatan strategis daerah (KSD). Kemudian, bantu memastikan bahwa semua program ini dapat dipenuhi.

    “Saya minta kepada jajaran Bappeda untuk melakukan sweeping terhadap semua program yang ada di RPJMD di KSD dan memastikan pada tahun 2022 semuanya bisa terpenuhi secara utuh. Jadi, dalam Musrenbang dilakukan sweeping dan meminta masukan dari terkait. pemangku kepentingan, baik pelaku langsung maupun regulator dari berbagai instansi., ”ujarnya.




    Source