Apa itu sasando? Alat Musik Tradisional Dari Pulau Rote NTT, Begini Cara Memainkannya

    TRIBUNNEWS.COM – Alat musik tradisional Sasando berasal dari Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT).

    Alat musik ini dimainkan dengan cara dipetik.

    Tidak hanya cara memainkannya, Anda juga bisa mengetahui sejarah, fungsi, bentuk, jenis, dan perkembangan alat musik tradisional khas Pulau Rote ini.

    Dikutip dari KBBI, Sasando adalah alat musik petik dari Pulau Rote yang terdiri dari tabung bambu dengan beberapa senar yang ditempatkan dalam ruang resonansi yang terbuat dari daun lontar.

    Baca juga: Memahami Gambar Ilustrasi Lengkap dengan Langkah-Langkah Membuatnya

    Baca juga: Interaksi Sosial: Pengertian, Proses Terjadinya, dan Faktor-Faktor Interaksi Sosial

    Musisi Sasando Agusto Andreas Naga Lana tampil pada konferensi pers Frankfurt Musikmesse 2019 di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Selasa (26/3/2019). Para pelaku ekonomi kreatif Indonesia di subsektor musik, khususnya industri alat musik, akan tampil di Frankfurt Musikmesse 2019 yang terkenal, pameran industri alat musik terbesar di Eropa, yang akan berlangsung pada 2-5 April 2019 di Frankfurt, Jerman. (Tribunnews/Jeprima) (Tribunnews/JEPRIMA)

    Dikutip dari halaman resmi Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara TimurAlat musik petik yang dimainkan dengan cara dipetik menggunakan jari ini tidak memiliki akord.

    Sasando hampir mirip dengan alat musik tradisional lainnya seperti kecapi atau harpa.

    Namun, sasando memiliki bentuk dan suara yang sangat khas.

    Cara bermain sasando

    Meskipun merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik, sasando memiliki cara yang berbeda dengan alat musik petik lainnya.

    Sasando biasanya dimainkan dengan menggunakan kedua tangan dengan arah berlawanan.



    https://www.tribunnews.com/pendidikan/2021/07/15/apa-itu-sasando-alat-musik-tradisional-berasal-dari-pulau-rote-ntt-ini-cara-memainkannya