Apakah Benar-Benar Ada Unsur Ilahi dalam Manusia?

    Manusia diciptakan oleh Allah SWT dari unsur tanah.

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Manusia diciptakan oleh Allah SWT dari unsur bumi. Namun, ada sejumlah ulama yang menggambarkan unsur ketuhanan yang dikaruniakan Allah kepada manusia, benarkah?

    Buya Hamka dalam buku Tafsir Al Azhar dijelaskan dalam beberapa hadits tentang terjadinya makhluk Tuhan. Bahwa tubuh manusia kasar berasal dari tanah, tetapi roh dikirim dari Tuhan sendiri. Malaikat Genesis diciptakan dari cahaya dan iblis diciptakan dari elemen api.

    Dijelaskan pula bahwa dari sudut iman, dapat dikatakan bahwa di sisi Allah semua makhluk-Nya adalah sama, karena semuanya diciptakan sama. Buya Hamka menjelaskan, di antara makhluk Tuhan mana pun, tidak ada kelebihan satu dari yang lain jika diukur dari asal usul penciptaannya.

    Namun, sayangnya, iblis merasa dirinya lebih dari manusia. Iblis berkata, “Maukah Anda menjelaskan kepada saya tentang orang ini yang telah Anda hormati di atas saya?”. Menurut Buya Hamka, perkataan setan itu menunjukkan sikap menentang Tuhan apakah benar ada zat yang melebihi setan ini?

    Padahal, kata Buya Hamka, setan memiliki pengetahuan tentang manusia ini dan keturunannya adalah makhluk yang lemah, mudah tergoda, karena hanya berasal dari tanah. Jadi manusia bukanlah makhluk yang harus dimuliakan.



    https://www.republika.co.id/berita/qy2z94366/benarkah-ada-unsur-ilahiyah-dalam-diri-manusia