Apresiasi Langkah Pemerintah Turunkan Harga Swab PCR, PDS PatKLIn: Untuk Tingkat Tracing Tinggi

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Perhimpunan Dokter Spesialis Patologi Klinik dan Laboratorium Kedokteran Indonesia (PDS PatKLIn) mengapresiasi upaya Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang meminta Kementerian Kesehatan menurunkan harga tes swab PCR Covid-19.

    Ketua Umum PatKLin PDS Dr Aryati mengatakan penurunan harga PCR yang semula antara Rp. 900 ribu menjadi Rp. 450 sampai Rp. 550 ribu, sudah dianggap bagus.

    Sebab, menurut dia, bisa meningkatkan target tracing yang lebih tinggi, karena lebih banyak orang yang mau dites PCR.

    “PDS PatKLIn sangat mengapresiasi dan mendukung program pemerintah untuk menurunkan harga PCR guna mencapai target tracing yang lebih tinggi, serta diimbangi dengan program vaksinasi untuk menjangkau 70% populasi,” kata Aryati saat dikonfirmasi Tribunnews.com, Selasa (17/8/2021).

    Dia menilai, upaya pemerintah menurunkan harga tes PCR telah mempertimbangkan berbagai aspek.

    Apalagi, kata dia, untuk membantu masyarakat sekaligus melindungi laboratorium, baik mandiri maupun milik rumah sakit.

    “Kami yakin pemerintah akan menetapkan harga jual PCR secara nasional, bertujuan untuk membantu masyarakat dan juga melindungi laboratorium independen dan laboratorium rumah sakit, baik instansi pemerintah maupun swasta, agar tetap dapat melaksanakan tes PCR dengan baik,” ujarnya. .

    Atas dasar itu, pihaknya berharap Pemerintah dapat berperan dalam mengendalikan harga jual reagen dan membandingkan harga jual reagen antar negara ASEAN.

    Tak hanya itu, pihaknya juga berharap pemerintah dapat mempertimbangkan penghapusan pajak untuk pembelian reagen yang masih harus diimpor.

    “Jika ini bisa diterapkan, harga pemeriksaan PCR bisa dikendalikan dan diharapkan terjangkau oleh masyarakat, serta tidak merugikan laboratorium yang melakukan pemeriksaan,” ujarnya.

    Baca juga: Aneka Harga PCR Swab Test di Jakarta Selatan Usai Pemerintah Tetapkan Harga Baru



    https://www.tribunnews.com/corona/2021/08/17/apresiasi-langkah-pemerintah-turunkan-harga-swab-pcr-pds-patklin-agar-tingkat-tracing-tinggi