Arab Saudi Terima Jamaah Umrah Asing Mulai 9 Agustus

    IHRAM.CO.ID, JEDDAH — Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi mengumumkan akan mulai menerima pendaftaran atau permintaan jemaah umrah dari luar negeri besok, 9 Agustus atau 1 Muharram.

    Kementerian juga mengatakan secara bertahap akan meningkatkan kapasitas jemaah untuk mencapai dua juta peziarah per bulan. Jumlah ini sudah termasuk jemaah haji dari dalam dan luar Kerajaan.

    Dilaporkan dalam Saudi Gazette, Minggu (8/8), jemaah haji yang datang dari luar Kerajaan wajib menunjukkan surat keterangan resmi vaksinasi Covid-19 dari otoritas resmi negara asal jemaah haji. Sertifikat ini dilampirkan pada permintaan untuk melakukan ritual asalkan vaksin yang digunakan telah disetujui di Kerajaan.

    Izin umroh akan dikeluarkan melalui aplikasi Eatmarna dan Tawakkalna. Saat ini, Kerajaan sedang menjalankan sistem terintegrasi antara layanan jamaah dan langkah-langkah pencegahan Covid-19.

    Cara ini ditempuh Kerajaan Arab Saudi untuk menjamin keselamatan dan kesehatan umat Islam yang hendak menunaikan ibadah umroh dan haji. Wakil Menteri Haji dan Umrah Abdul Fattah Mashat menjelaskan, pihaknya sedang berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya.

    Masing-masing pihak berusaha untuk menerapkan mekanisme eksekutif dan menciptakan lingkungan yang aman dan dapat diakses oleh peziarah, sepanjang perjalanan mereka. Mashat menambahkan, jumlah penumpang bus tidak akan melebihi 50 persen dari kapasitas dengan tetap menjaga jarak aman di dalam bus dan menyediakan alat sterilisasi.



    https://www.ihram.co.id/berita/qxhzg7366/arab-saudi-terima-jamaah-umroh-asing-mulai-9-agustus