Area Pencarian Awak KM Barokah Jaya Diperluas

Sebanyak 13 awak KM Barokah Jaya masih hilang hingga Rabu.

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU – Sebanyak 13 ABK KM Barokah Jaya yang mengalami kecelakaan di perairan utara Indramayu, masih hilang, Rabu (7/4) pagi. Upaya pencarian dilanjutkan dengan memperluas area pencarian dan menambah jumlah alat utama (alut).

“Hari ini pencarian dibagi menjadi lima sektor, dengan total tujuh alut, ” kata Kepala Dinas SAR Kota Bandung Deden Ridwansah, Rabu (7/4).

Deden mengatakan, pencarian sektor 1 dilakukan oleh KP Parkit, KM Tunggal Jaya, dan KM Damar Lautsco, dengan melakukan pencarian di area pencarian 118 NM. Untuk sektor 2, pencarian dilakukan oleh KN SAR Wisnu di area pencarian seluas 118 NM.

Sedangkan untuk sektor 3, pencarian dilakukan oleh KRI Teluk Bintuni dengan luas 118 NM. Untuk sektor 4, KRI Cucut dengan luas area 118 NM, dan sektor 5 RIB 01 Bandung menyisir area pencarian 89 NM.

“Setiap peralatan yang melakukan penyisiran melewati area pencarian yang sudah disesuaikan dengan SAR map ramalan berdasarkan arah angin dan arus, ” jelas Deden.

Sebelumnya, upaya pencarian menemukan empat korban tewas. Mereka adalah Leman (71) warga Desa Parean, Kecamatan Kandanghaur, Toeron (80), warga Desa Pagirik, Kecamatan Pasekan, Misja (43) warga Desa Pabean Udik, Kabupaten Indramayu, dan satu korban belum teridentifikasi.

Korban tak dikenal ditemukan pada Selasa (6/4) pukul 17.45 WIB dan tiba di Pelabuhan Eretan Indramayu pada Selasa (6/4) pukul 23.00 WIB. Korban langsung dibawa ke RS Bhayangkara untuk diidentifikasi.

Dengan ditemukannya empat korban tewas tersebut, 13 ABK KM Barokah Jaya masih hilang hingga Rabu (7/4) pagi. Di antara korban hilang, salah satunya adalah H Tohir yang merupakan pemilik sekaligus kapten KM Barokah Jaya.

Seperti diketahui, KM Barokah Jaya dikabarkan menabrak kapal Perintis MV Habcoo di perairan utara Indramayu, Sabtu (3/4) sekitar pukul 16.45 WIB. Kapal nelayan yang terdiri dari 32 awak itu menabrak Kapal Perintis MV Habcoo yang sedang dalam perjalanan dari Balikpapan menuju Pelabuhan Merak, Banten.

Akibat kejadian tersebut, KM Barokah Jaya terbalik sehingga menyebabkan seluruh penumpangnya jatuh ke laut. Dari 32 ABK KM Barokah Jaya, 15 orang selamat, empat ditemukan tewas dan 13 orang masih dalam proses pencarian.




Source