Arsjad Rasjid Optimis Indonesia Bisa Keluar dari Krisis Pandemi Covid-19

Laporan Jurnalis Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Calon Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Arsjad Rasjid optimistis Indonesia bisa lolos dari krisis akibat pandemi Covid-19.

Menurut dia, saat ini semua pihak, termasuk pemerintah dan pengusaha, sedang berperang dengan pandemi Covid-19.

“Saya berharap Indonesia keluar dari pandemi, saya katakan ini perang. Pertama, perang kesehatan dari pandemi ini, bagaimana kita memulihkan kesehatan,” ujarnya pada acara “Silaturahmi Bukber dan Arsjad Rasjid dengan Kadin Banten” di Gatot. Kawasan Subroto, Jakarta, Rabu (21/4/2021).

Baca juga: Arsjad Rasjid: UMKM Solusi Masalah Ekonomi Indonesia

Sedangkan perang kedua adalah pada sisi finansial, yaitu roda perekonomian hampir berhenti karena pandemi Covid-19 membatasi pergerakan manusia.

“Kemudian kita menghadapi financial war. Perekonomian hampir macet. Ini harus kita hadapi bersama. Ke depan, Kadin Indonesia dan pemerintah sangat penting untuk bermitra,” kata Arsjad.

Terkait kemitraan, pemerintah dan pengusaha dinilai membutuhkan kepercayaan agar sinkron untuk menggerakkan perekonomian.

“Kemitraan butuh kepercayaan, tanpa kepercayaan seperti suami istri. Bagaimana jika kita tidak saling percaya,” ujarnya.

Di sisi lain, Arsjad memiliki 4 pilar utama agar perekonomian negara dapat pulih dari pandemi dengan mengutamakan kesehatan terlebih dahulu.

Pemerintah dan pengusaha harus meningkatkan kesehatannya, agar roda perekonomian dapat kembali bergerak cepat. Saat ini sebagian besar produk di sektor ini masih diimpor.




Source