Asian Games 2022 Hangzhou Akan Melombakan 40 Olahraga

    Ke-40 cabang tersebut terdiri dari 61 disiplin dan 482 nomor pertandingan.

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Panitia Penyelenggara Asian Games (HAGOC) Hangzhou 2022 dan Dewan Olimpiade Asia (OCA) mengkonfirmasi pada Jumat (10/9) bahwa multievent empat tahunan itu akan menampilkan 40 cabang olahraga, termasuk 31 Olimpiade dan sembilan olahraga. non-Olimpiade.

    Dilaporkan di situs resmi kompetisi, 40 cabang terdiri dari 61 disiplin dan 482 nomor pertandingan. Esports dan breakdance adalah olahraga yang akan debut di Hangzhou.

    Pada Asian Games Jakarta-Palembang 2018, esports sebenarnya dipertandingkan, namun hanya sebagai olahraga eksibisi yang medalinya tidak dihitung di klasemen.

    Sedangkan breakdance merupakan cabang baru yang akan dimainkan pada Olimpiade Paris 2024. Selain itu, catur juga masuk dalam daftar cabang olahraga yang dipertandingkan di Asian Games Hangzhou.

    Catur dimainkan di Doha 2006 dan Guangzhou Asian Games 2010, tetapi dibatalkan di Incheon 2014.

    Beberapa cabang olahraga lain yang dipastikan dipertandingkan di Hangzhou antara lain panahan, atletik, tinju, wushu, sepak bola, bola basket, bulu tangkis, dan panjat tebing.

    Hangzhou adalah Asian Games ketiga yang diadakan di China. Sebelumnya, Negeri Tirai Bambu menjadi tuan rumah Asian Games Beijing (1990) dan Guangzhou (2010).

    Asian Games 2022 akan diikuti oleh 45 negara dan wilayah yang berpartisipasi pada edisi sebelumnya. Namun, pada 2022, Oseania akan berlaga di Asian Games Hangzhou untuk pertama kalinya, sehingga jumlah negara dan wilayah yang ikut menjadi 63 negara.

    Sebanyak 10.000 atlet diharapkan tampil di ajang empat tahunan tersebut. Berikut daftar Asian Games 2022 di Hangzhou:

    Akuatik (berenang, berenang di perairan terbuka, polo air, berenang, menyelam); Panahan; Atletik; Bulu tangkis; Bisbol/Softball; Bola basket; Tinju; Kano/kayak (slalom, lari cepat); Jangkrik; Balap Sepeda (BMX, MTB, jalan raya, trek); olahraga tari (breakdance); perahu naga; Berkuda; Pagar;

    Sepak bola; Golf; Senam (trampolin, ritmis, artistik); bola tangan; Hoki; Judo; Kabadi; Seni bela diri (karate, kurash yuyitsu); Olahraga pikiran (catur, go, xiangi, bridge, esports); pentathlon modern; Olahraga roller (roller skating, skateboarding); Mendayung; Ragbi; Pelayaran; Menembak; Sepak takraw; olahraga panjat tebing; Labu; Tenis meja; Taekwondo; Tenis (tenis, tenis lunak); Triatlon; Bola voli; Angkat Berat; Gulat; Wushu.

    sumber: antara



    https://www.republika.co.id/berita/qz82as480/asian-games-2022-hangzhou-akan-pertandingkan-40-cabor