Awal Syariat Haji | Republika Online

    Ada perbedaan pendapat mengenai awal mula syariat haji.

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Ada perbedaan pendapat tentang tahun awal wajibnya haji bagi umat Nabi Muhammad SAW. Pendapat pertama adalah bahwa haji wajib pada tahun keenam Hijriah.

    “Ulama yang berpendapat bahwa pelaksanaan haji wajib dapat ditunda, berpegang pada riwayat itu,” tulis Syaikh Sa’id bin Abdul Qodir Basyanfar dalam bukunya “Al-Mughnie”.

    Menurut riwayat lain, haji hukumnya wajib pada tahun kedelapan dalam kalender Islam. Ada juga riwayat yang menyebutkan pada tahun kesembilan dan kesepuluh Hijriah. Berdasarkan riwayat terakhir, pelaksanaan haji Nabi langsung di tahun yang sama tanpa dihentikan atau ditunda.

    Imam Al-Qadhi berkata, “Riwayat itu adalah bagian dari riwayat yang menjelaskan bahwa semua sahabat sedang ihram untuk menunaikan haji karena Rasulullah juga diilhami untuk menunaikan haji dan mereka (para sahabat) tidak melanggar amalan haji. Nabi.

    Oleh karena itu, Jabir ra berkata, “Apa pun yang dilakukan Rasulullah SAW, kami akan melakukannya.”

    Misalnya, mereka menunda untuk melakukan ibadah umrah selama Rasulullah sendiri belum melakukan Tahalul. Sehingga membuat mereka (para sahabat) kesal dengan Nabi Muhammad dan meminta maaf kepada mereka.

    Contoh lainnya adalah Ali ra dan Abu Musa ra telah melakukan ihram. Mereka berdua mengikuti ihram Nabi (Lihat tulisan Imam Nawawi dalam kitab Syarah Muslim).

    Dalam hadits, ada anjuran untuk mandi ihram bagi wanita yang sedang nifas. Dalam hadits tersebut juga ada perintah bagi wanita yang sedang haid, nifas, dan mengeluarkan darah terus menerus untuk melakukan istitfar, yaitu seorang wanita mengikat tali di tengah tubuhnya kemudian mengambil sehelai kain yang agak lebar dan mengikatnya di sekelilingnya. daerah genital tempat darah keluar.

    Kedua ujung kain diikat erat di bagian depan dan belakang kemudian kain dilipat menutupi badan. Ikatan ini mirip dengan ikatan di belakang tubuh hewan. Hadits tersebut menunjukkan keabsahan ihram wanita nifas serta kesepakatan para ulama.



    https://www.republika.co.id/berita/r0ia1j430/awal-syariat-ibadah-haji