Babak Pertama: Inggris Menang dan Kroasia Seri

Gol Ceko akhirnya dipatahkan oleh sundulan Sterling pada menit ke-12.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON — Inggris menang 1-0 atas Republik Ceko pada laga pertama babak ketiga Grup D Piala Eropa 2020, di Stadion Wembley, Rabu (23/6) dini hari WIB. Raheem Sterling mencetak gol dengan sundulan.

Inggris tampil agresif sejak babak pertama dimulai. Mereka berusaha membongkar pertahanan lawan dari sisi kiri. Dan Raheem Sterling hampir membuat Inggris unggul pada menit kedua jika tendangannya meleset dari tiang gawang Ceko di sebelah kanan.

Sementara itu, Ceko bermain lebih sabar. Mereka fokus menahan serangan Inggris sambil mencari celah untuk menciptakan peluang. Namun, gol Ceska akhirnya bisa dipatahkan oleh sundulan Sterling pada menit ke-12. Pemain Manchester City itu memanfaatkan umpan silang Jack Grealish.

Usai gol itu, Ceska mulai lebih berani menyerang, meski serangannya selalu berhasil dipatahkan oleh bek Inggris. Pada menit ke-26, Inggris nyaris menggandakan keunggulan jika tembakan Harry Kane tidak bisa ditepis kiper Ceko.

Intensitas serangan Ceko semakin tinggi memasuki menit ke-25. Mereka berani mengurung pertahanan Inggris yang memaksa pemain Three Lions mundur. Pada menit ke-27 upaya Tomas Soucek masih bisa diblok. Hingga babak pertama berakhir Inggris unggul 1-0.

Kroasia Vs Skotlandia

Pada pertandingan lain Kroasia bermain imbang 1-1 di babak pertama atas Skotlandia, di Stadion Hampden Park, Glasgow, Skotlandia. Kroasia kebobolan di menit akhir babak pertama sehingga gagal mempertahankan keunggulan.

Kroasia mendominasi permainan atas Skotlandia sejak peluit ditiup. Namun serangan Skotlandia lebih berbahaya daripada serangan Kroasia di awal pertandingan. Pada menit ke-10, Skotlandia mendapat peluang emas melalui eksperimen Che Adams namun masih gagal.

Kroasia unggul 1-0 pada menit ke-17 melalui tendangan kaki kiri Nikola Vlasic memanfaatkan assist Ivan Perisic. Kroasia semakin percaya diri dengan keunggulan tersebut. Luka Modric dan kawan-kawan terus menyerang pertahanan Skotlandia dari berbagai sisi.

Pada menit ke-22, Modric melakukan eksperimen. Tapi tembakannya masih terlalu tinggi. Skotlandia berusaha mencari celah untuk menembus lini pertahanan Kroasia. Mereka tampaknya ingin menggunakan serangan balik untuk menekan mereka.

Ivan Perisic mendapat peluang bagus di menit ke-25. Pemain Inter Milan itu mendapat tembakan setelah menerima assist dari Marcelo Brozovic tapi masih bisa diblok. Scott McTominya juga menciptakan peluang dengan sundulan meski gagal menyamakan kedudukan. Skotlandia menyamakan kedudukan di menit ke-42 melalui McGregor sekaligus gol penutup di babak pertama.

Terkait

Grup D Euro 2020: Inggris Saat Memimpin 0-1 Atas Ceko

Giorgio Chiellini (kiri) dari Italia memberikan ban kapten kepada rekan setimnya Leonardo Bonucci

Chiellini diragukan tampil di babak 16 besar

Pemain Kroasia Luka Modric

Ini susunan pemain Kroasia vs Skotlandia

pemain Inggris

Ini adalah susunan pemain Republik Ceko vs Inggris

Para pemain Denmark merayakan setelah Andreas Christensen mencetak gol ketiga timnya selama pertandingan grup B kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Rusia dan Denmark di stadion Parken di Kopenhagen, Denmark, Senin, 21 Juni 2021.

Schmeichel Bangga Membawa Denmark ke 16 Besar Euro 2020



https://www.republika.co.id/berita/qv4dr0428/babak-pertama-inggris-unggul-dan-kroasia-imbang