Babak Pertama, Spanyol Kalahkan Swiss 1-0

    Timnas Spanyol bermain dominan sejak menit awal pertandingan.

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Swiss tertinggal di babak pertama melawan Spanyol di perempat final Piala Eropa (Euro) 2020 di Saint Petersburg, Rusia, Jumat (2/7) malam WIB. Swiss berada di bawah tekanan sejak awal dan kebobolan gol oleh Jodri Alba pada menit ke-8.

    Spanyol bermain dominan sejak menit awal pertandingan. Namun Xherdan Shaqiri dengan cepat memungut bola dari Sergio Busquets dan melakukan serangan balik. Dia memiliki opsi di depannya tetapi memilih untuk melakukannya sendiri dari tepi kotak, dan usahanya diblok oleh Aymeric Laporte.

    Pedri dan Ferran Torres bekerja sama dengan baik di sisi kanan untuk Spanyol, tetapi mereka tidak dapat menemukan jalan mereka ke dalam kotak saat Swiss masuk lebih dalam. Keduanya menguasai bola dengan baik namun tak bisa menghasilkan apa-apa.

    Spanyol unggul cepat pada menit ke-8 lewat gol Jordi Alba. Alba menyambut umpan dari sepak pojok yang terlalu deras ke kanan kotak penalti dengan tendangan voli. Bola berubah arah setelah mengenai kaki Denis Zakaria dan mengecoh kiper Yann Sommer. Skor berubah 1-0 untuk Spanyol.

    Tim asuhan Luis Enrique terus mempertahankan penguasaan bola. Pada menit ke-17, Spanyol meraih tendangan bebas di luar kotak penalti. Koke menembak lurus ke gawang tapi masih sedikit terlalu tinggi hanya mendarat di atap gawang.

    Pada menit ke-25, upaya dari situasi sepak pojok kembali didapat Spanyol. Kali ini, tembakan Koke langsung mengarah ke Cesar Azpilicueta yang menyambutnya dengan sundulan. Namun, arah bola masih dalam jangkauan Sommer yang langsung memeluknya.

    Swiss masih berjuang untuk menguasai bola karena Spanyol terus menguasai bola dengan nyaman. Swiss mulai menekan dan memiliki beberapa peluang pada menit ke-34 dari sepak pojok. Sebuah sepak pojok diayunkan ke dalam kotak yang disundul oleh Manuel Akanji, namun bola masih di atas mistar.

    Tekanan tinggi Swiss menyebabkan Spanyol bermasalah dan berhasil mengatasinya. La Roja mempertahankan keunggulan 1-0 hingga turun minum.

    Susunan pemain kedua tim:

    Swiss (3-4-1-2)
    Yan Sommer; Nico Elvedi, Manuel Akanji, Ricardo Rodriguez; Silvan Widmer, Remo Freuler, Denis Zakaria, Steven Zuber; Xherdan Shaqiri; Breel Embolo, Haris Seferovic.
    Cadangan: Yvon Mvogo, Edimilson Fernandes, Djibril Sow, Gregor Kobel, Mario Gavranovic, Jordan Lotomba, Christian Fassnacht, Kevin Mbabu, Loris Benito, Ruben Vargas, Eray Comert, Fabian Schar.

    Spanyol (4-3-3)
    Unai Simon; Cesar Azpilicueta, Aymeric Laporte, Pau Torres, Jordi Alba; Koke, Sergio Busquets, Pedri; Ferran Torres, Alvaro Morata, Pablo Sarabia.

    Cadangan: Diego Llorente, Marcos Llorente, Mikel Oyarzabal, Robert Sanchez, Gerard Moreno, David de Gea, Thiago Alcantara, Rodrigo, Adama Traore, Eric Garcia, Jose Gaya, Dani Olmo.

    Terkait

    8 Fakta dan Angka Jelang Bigmatch Belgia vs Italia

    Pelatih kepala Swiss Vladimir Petkovic merayakan kemenangan dalam pertandingan babak 16 besar kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Prancis dan Swiss di stadion National Arena di Bucharest, Rumania, Selasa (29/6) dini hari WIB.

    Melawan Spanyol, pemain Swiss diminta tampil lapar

    Alvaro Morata dari Spanyol akan kembali diandalkan untuk mencetak gol ke gawang Swiss di perempat final Euro 2020.

    Susunan pemain Swiss vs Spanyol

    Pelatih Spanyol Luis Enrique.

    Enrique Waspadalah Terhadap Kolektivitas Game Swiss

    Pemain Spanyol (ilustrasi)

    8 Fakta dan Angka Jelang Duel Swiss Vs Spanyol



    https://www.republika.co.id/berita/qvmn7u438/babak-pertama-spanyol-ungguli-swiss-10