Baca Al-Qur’an dari Perangkat, Apakah Anda Perlu Berwudhu?

    IHRAM.CO.ID, JAKARTA — Dosen senior dan cendekiawan Islam di Islamic Institute of Toronto, Ontario, Kanada, Sheikh Ahmad Kutty mengatakan, seorang Muslim dapat membaca Al-Qur’an dari perangkat seluler atau ponsel meskipun tidak dalam keadaan darurat. keadaan wudhu.

    “Tidak diragukan lagi, ketika membaca Alquran dianjurkan untuk berwudhu. Dan tidak sulit untuk mengkondisikan diri dalam keadaan wudhu sebanyak-banyaknya,” ujarnya.

    Dikatakan bahwa wudhu juga merupakan senjata orang mukmin, terutama ketika berdzikir atau mengingat Allah. Namun, tidak ada bukti kuat yang mewajibkan wudhu untuk membaca Alquran.

    Padahal mayoritas ulama menganjurkan berwudhu sebelum membaca Al-Qur’an karena membaca firman Allah dalam keadaan suci tentu lebih baik. Beberapa di antaranya mewajibkan wudhu hanya ketika membaca Al-Qur’an dari mushaf.

    Tapi mereka mengatakan itu tidak berlaku untuk membaca dari memori atau dari perangkat yang menyimpan Alquran. Oleh karena itu, karena kemudahan tersebut, maka setiap muslim hendaknya dapat memanfaatkan kesempatan membaca Al-Qur’an sebanyak-banyaknya meskipun tidak sedang berwudhu.



    https://www.ihram.co.id/berita/r3zyd1313/baca-alquran-dari-gawai-perlu-berwudhukah