Bagaimana mencegah lonjakan gula darah setelah makan?

    Anda perlu memeriksa makanan Anda sejak pagi.

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Jika Anda penderita diabetes, penting untuk memantau kadar gula darah Anda. Jika Anda membiarkan kadar gula darah tidak terkontrol, risiko komplikasi diabetes akan meningkat. Beberapa komplikasi serius dapat terjadi, termasuk risiko penyakit jantung yang lebih tinggi, kondisi kulit, kerusakan saraf, masalah kaki, dan banyak lagi.

    Diet berperan penting dalam mengontrol kadar gula darah. Peningkatan kadar gula darah setelah makan disebut setelah makan siang atau hiperglikemia setelah makan. Lonjakan ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti ukuran makanan, waktu makan, waktu perawatan, dan makanan yang Anda makan.

    Baru-baru ini, ahli gizi di India, Nmami Agarwal, membagikan beberapa hal tips Untuk mengontrol kadar gula darah setelah makan:

    1. Periksa makanannya

    “Kamu perlu memeriksa makananmu sejak pagi,” kata Agarwal NDTV, Selasa (24/8).

    Batasi asupan permen, roti putih, dan makanan lain yang dapat memicu lonjakan pasca makan. Merencanakan makanan dapat membantu untuk menekankan efek makanan yang Anda makan terhadap kadar gula darah.

    2. Makan dalam porsi kecil

    Ahli gizi juga menyarankan makan porsi kecil daripada besar, makanan berat. Ini akan membantu mencegah fluktuasi tiba-tiba. Studi juga menyoroti bahwa makan makanan kecil daripada tiga kali makan besar dapat membantu menjaga gula darah tetap terkendali.

    3. Pilih makanan indeks glikemik rendah

    Langkah penting lainnya yang harus diikuti ketika memilih makanan untuk diet diabetes adalah memeriksa indeks glikemik makanan. Indeks glikemik menunjukkan pengaruh makanan yang dikonsumsi terhadap kadar gula darah. Makan makanan dengan skor indeks glikemik rendah.

    4. Perhatikan asupan karbohidrat Anda

    Karbohidrat memiliki dampak besar pada kadar gula darah. Untuk alasan ini, penderita diabetes sering disarankan untuk melakukan diet rendah karbohidrat atau memilih karbohidrat yang lebih sehat. Hindari konsumsi karbohidrat olahan. Perhatikan ukuran porsi dan pantau asupan karbohidrat harian Anda, membantu menghindari lonjakan.

    Selain pola makan yang sehat, olahraga juga berperan penting dalam mengatur kadar gula darah. Jangan langsung melakukan olahraga berat, pelan-pelan tingkatkan beban latihannya



    https://www.republika.co.id/berita/qyc8ip425/cara-cegah-lonjakan-gula-darah-setelah-makan