Bagaimana Teh Hijau Membantu Meningkatkan Metabolisme Tubuh Anda

    Sebagian besar manfaat teh hijau berasal dari kandungan katekinnya.

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Meningkatkan metabolisme tubuh merupakan cara penting untuk menurunkan berat badan. Sebab, saat kerja metabolisme meningkat, tubuh bisa membakar lebih banyak kalori.

    Pakar nutrisi dan olahraga menyarankan untuk mengonsumsi makanan seperti kacang-kacangan, daging tanpa lemak, sayuran, dan minuman seperti air lemon setiap pagi untuk meningkatkan metabolisme. Namun, ada satu minuman yang dianggap paling baik untuk meningkatkan metabolisme oleh para ahli, yaitu secangkir teh hijau di malam hari.

    Bagaimana teh hijau meningkatkan metabolisme? Dilaporkan dari Kali Sekarang Berita, Selasa (7/9), teh hijau mengandung antioksidan yang berperan sebagai katalis dalam proses penurunan berat badan.

    Sebagian besar manfaat minuman ini berasal dari katekin – antioksidan dari keluarga flavonoid yang diketahui dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker. Salah satu katekin tersebut adalah EGCG yang dikenal manfaatnya dalam meningkatkan metabolisme.

    Sesuai penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Research in Medical Sciences, menunjukkan bahwa EGCG dapat meningkatkan proses termogenesis yang membantu membakar kalori saat tubuh memanas. Ini juga meningkatkan proses oksidasi lemak pada beberapa orang.

    Teh hijau memiliki risiko sindrom metabolik yang lebih rendah. Sindrom metabolik memicu kondisi seperti hipertensi, diabetes tipe-2 dan meningkatkan risiko kondisi jantung kronis. Teh hijau, menurut penelitian telah terbukti memiliki manfaat untuk sindrom metabolik dan kondisi yang terkait dengannya bila dikonsumsi secara teratur.

    Studi lain pada populasi Cina membuktikan bahwa setengah cangkir teh hijau yang dikonsumsi setiap hari dikaitkan dengan penurunan risiko tekanan darah tinggi. Bagi mereka yang mencari manfaat maksimal dari konsumsi teh hijau secara teratur, para ahli merekomendasikan untuk tidak menambahkan gula ke dalamnya karena gula dapat menggagalkan tujuannya. Pemanis yang aman untuk teh hijau adalah setengah sendok teh madu.



    https://www.republika.co.id/berita/qz2ixz328/cara-teh-hijau-bantu-tingkatkan-metabolisme-tubuh