Banjir Ciputat Akibat Longsor Tumpukan, Warga Berjalan Dalam Kegelapan Arus Menerjang

    Laporan wartawan TribunJakarta.com, Jaisy Rahman Tohir

    TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG SELATAN – Anak sungai Pesanggrahan lupa setelah terjadi longsor hebat di kawasan Ciputat.

    Longsor terjadi di Perumahan Griya Satwika Telkom, Pisangan, Ciputat Timur, Tangerang Selatan (Tangsel), pada Jumat (11/6/2021) malam.

    Sebuah tebing setinggi 30 meter dan lebar 100 meter dengan kontur tanah yang cukup tebal runtuh dan mengubur anak sungai Pesanggrahan yang berada di sebelahnya.

    Baca juga: Dua Orang Terluka, 3 Rumah Rusak Terkena Longsor Tebing 30 Meter di Ciputat

    Baca juga: Longsor pembatas perumahan anak sungai Pesanggrahan, warga Ciputat Timur kebanjiran

    Akibatnya, anak sungai meluap dan membanjiri ratusan rumah di kawasan Perumahan Nerada Estate yang merupakan bagian dari kawasan Cipayung, Ciputat, Tangerang Selatan.

    Longsor parah terjadi di Perumahan Griya Satwika Telkom, Desa Pisangan, Kecamatan Ciputat Timur, Tangerang Selatan (Tangsel), sekitar pukul 19.30 WIB, Jumat (11/6/2021). (khusus)

    Syaratnya Perumahan Griya Satwika Telkom berada di atas, bersebelahan dengan Perumahan Nerada Estate yang lebih rendah, namun keduanya dipisahkan oleh anak sungai Pesanggrahan.

    Kepala Desa Cipayung, Tomy Patria Edwardy, mengatakan puluhan rumah di Kawasan Nerada terdampak banjir anak sungai Pesanggrahan.

    “Jadi sheet pile itu besar sekali, dan sampai ke sungai. Sungai itu kemudian tertutup sheet pile. Dan kemudian air sungai itu mencari jalan keluar ke perumahan ini.

    Longsor tumpukan di Perumahan Griya Satwika Telkom, Pisangan, Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Jumat (11/6/2021) malam.
    Longsor tumpukan di Perumahan Griya Satwika Telkom, Pisangan, Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Jumat (11/6/2021) malam. (Wartakotalive.com/Rizki Amana)

    Perumahan Nerada terdiri dari kurang lebih 30 rumah di pinggir sungai yang terendam,” kata Tomy di lokasi, Sabtu (12/6/2021) dini hari.

    “Dan kebetulan ada dua rumah yang rusak berat dengan dua luka. Korban sudah dibawa ke rumah sakit,” imbuhnya.



    https://www.tribunnews.com/metropolitan/2021/06/12/banjir-di-ciputat-akibat-longsor-turap-warga-berjalan-kaki-di-kegelapan-menerjang-arus