Banjir di Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah Lambat Surut

    Wartawan Tribunnews, Taufik Ismail

    TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Katingan melaporkan banjir yang melanda sebagian besar wilayah Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah, berangsur surut, Minggu (22/8/2021).

    Kepala BPBD Kabupaten Katingan, Andi B Baron saat dikonfirmasi mengatakan, banjir tersebut sebelumnya terjadi karena dipicu oleh tingginya curah hujan di wilayah hulu dan tengah Sungai Katingan yang kemudian menyebabkan daerah aliran sungai (DAS) meluap.

    Akibatnya, luapan tersebut akhirnya masuk ke pemukiman warga.

    Menurut Andi, kondisi cuaca tersebut sesuai dengan prakiraan sebelumnya dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

    “Hujan dengan intensitas tinggi akan terjadi di wilayah hulu dan tengah Sungai Katingan pada 19, 20, dan 21 Agustus 2021, sesuai perkiraan BMKG pusat,” kata Andi seperti dikutip dari siaran pers BNPB.

    Di sisi lain, Andi juga mengatakan jika tidak terjadi hujan dengan intensitas tinggi berturut-turut, kemungkinan besar banjir akan lebih cepat surut.

    “Secara umum, jika tidak terjadi hujan dengan intensitas tinggi secara berturut-turut, maka ketinggian air akan lebih cepat surut,” jelasnya.

    Baca juga: Tanah Berbumbu Banjir Lagi Menggenangi 127 Rumah di Empat Desa

    Berdasarkan pendataan tim di lapangan, kejadian banjir yang dipicu faktor cuaca telah menggenangi 13 desa di 4 kecamatan dan menimpa 384 KK atau 1.536 jiwa.

    Selain itu, sekitar 253 rumah, 5 unit sarana pendidikan, 2 unit rumah ibadah juga terdampak banjir dengan Ketinggian Air (TMA) antara 50-200 sentimeter.



    https://www.tribunnews.com/regional/2021/08/22/banjir-di-kabupaten-katingan-kalimantan-tengah-berangsur-surut