Bank Mandiri Permudah Transaksi Ekspor Rp 429,2 Triliun

Nilai ekspor tersebut setara dengan sekitar 44 persen dari total ekspor Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menyatakan telah memfasilitasi transaksi ekspor sebesar Rp429,2 triliun pada periode Januari hingga April 2021. Nilai ekspor tersebut diperkirakan setara dengan sekitar 44 persen dari total ekspor Indonesia.

Direktur Tresuri dan Perbankan Internasional Bank Mandiri Panji Irawan mengatakan perseroan berkomitmen mendorong kegiatan perdagangan internasional yang melibatkan pelaku usaha Indonesia guna mempercepat pemulihan ekonomi nasional dari dampak pandemi.

Besaran transaksi ekspor yang difasilitasi Bank Mandiri sejalan dengan keinginan perusahaan untuk mendukung misi pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional (PEN) di masa pandemi, ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (16/6).

Dia melanjutkan, pertumbuhan transaksi perdagangan internasional didorong oleh dukungan transaksi pembiayaan (keuangan perdagangan) yang telah disiapkan dengan lini produk yang beragam. “Dalam mengembangkan produk trade finance ini, kami selalu mendengarkan suara klien, menyesuaikan dengan perkembangan terkini transaksi internasional dan kebutuhan bisnis klien/nasabah,” kata Pandji.

Panji mencontohkan melalui pengembangan produk digital yang memudahkan nasabah dalam mengakses transaksi dengan Bank Mandiri. Adapun fasilitas trade financing yang ditawarkan, Bank Mandiri telah mengembangkan aplikasi Mandiri Global Trade (MGT) dengan berbagai solusi perdagangan, baik untuk importir/pembeli dalam negeri maupun eksportir/penjual dalam negeri yang disesuaikan dengan berbagai tahapan transaksi nasabah dan berbagai metode pembayaran yang digunakan .

Kelengkapan fasilitas layanan Trade Finance mulai dari fasilitas pembiayaan pre-shipment (Purchase Order Financing, Inventory Financing) hingga post-shipment, baik dengan recourse maupun tanpa recourse (Export Bills Financing, Forfaiting, Invoice Financing, Supplier Financing) bagi eksportir dan penjual dalam negeri dan tersedia untuk transaksi tidak hanya LC tetapi juga pengumpulan dokumen dan transaksi pembukaan rekening.

Bagi importir atau pembeli dalam negeri, Bank Mandiri memberikan fasilitas jaminan pembayaran berupa Letter of Credit, Confirmed Letter of Credit, Standby Letter of Credit, Avalist hingga kewajiban pembayaran berupa Trust Receipt, Deferred Payment dan Distributor Financing.



https://www.republika.co.id/berita/qusbo1383/bank-mandiri-fasilitasi-transaksi-ekspor-rp-4292-triliun