Bank Muamalat-Flip Tuan Rumah Jadi Tuan Rumah Kerja Sama

    Kolaborasi Muamalat-Flim memberikan kemudahan bagi nasabah untuk melakukan transaksi antar bank.

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – PT Bank Muamalat Indonesia Tbk resmi menggandeng Flip, sebuah perusahaan financial technology yang menyediakan layanan transfer uang antar bank. Melalui kerjasama ini, nasabah Bank Muamalat yang ingin melakukan transfer uang ke bank lain melalui aplikasi Flip tidak dikenakan biaya alias gratis.

    Direktur Bisnis Ritel Bank Muamalat Purnomo B Soetadi mengatakan kerja sama ini akan sangat bermanfaat bagi nasabah dalam bertransaksi antar bank karena tidak lagi dibebani biaya administrasi. Selain itu, Bank Muamalat dapat meningkatkan efisiensi sekaligus juga mempercepat penetrasi produk keuangan syariah di masyarakat.

    Kolaborasi dengan startup seperti Flip menunjukkan bahwa dari sisi teknologi, Bank Muamalat siap menghadapi era digital, ujarnya, Rabu (21/4).

    Di sisi lain, kerjasama ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan berbasis komisi bank (FBI) dan meningkat pendanaan atau pendanaan. Bank Muamalat akan menyediakan layanan keuangan untuk Flip melalui koneksi host to host (H2H).

    Layanan yang digunakan termasuk memeriksa saldo, mentransfer rekening, mentransfer buku, rekening virtual, dan transfer bank. Sebagai informasi, H2H merupakan layanan perbankan yang dapat ditawarkan kepada rekanan seperti Flip untuk melaksanakan instruksi pada beberapa fitur transaksi perbankan dari rekening milik rekanan untuk kebutuhan rekanan, rekanan dan non rekanan.

    Kerja sama ini akan memudahkan kegiatan transfer dana Flip, ujarnya.

    Flip dapat melakukan transaksi operasional keuangan secara langsung melalui aplikasi yang tersedia melalui perantara H2H tanpa perlu beralih ke saluran transaksi online lain milik bank. Hingga saat ini, Flip telah bekerjasama dengan 16 bank besar di seluruh Indonesia. Startup yang didirikan pada 2015 ini telah memiliki lebih dari tiga juta pengguna dan memproses transaksi lebih dari dua kali lipat pada tahun 2020.




    Source