Batasan di Kota Palembang Berdasarkan Peta Zonasi di Tingkat RT

Saat ini terdapat 187 RT zona kuning dan satu RT zona oranye di Palembang.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG – Pembatasan kegiatan di Kota Palembang selama pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Komunitas Mikro (PPKM) 6-19 April 2021 bergantung pada zonasi peta risiko Covid-19 di tingkat RT. Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kota Palembang Yudhi Setiawan, Kamis (8/4).

Ia mengatakan, RT yang berada di zona merah bisa menutup rumah ibadah, melarang keramaian lebih dari tiga orang, menghilangkan aktivitas sosial, dan menutup tempat umum kecuali sektor esensial.

“Saat ini ada 3.945 RT di zona hijau, 187 RT di zona kuning, satu RT di zona oranye, dan tidak ada RT di zona merah,” ujarnya.

RT yang berada di zona merah menunjukkan temuan kasus positif lebih dari lima rumah, RT di zona oranye artinya ada kasus positif di tiga sampai lima rumah, dan jika hanya 1-2 rumah yang di zona kuning, dan 0 kasus berada di zona hijau.

Pembatasan kegiatan juga diberlakukan bagi RT yang berada di zona oranye, namun demikian penutupan tempat ibadah masih bisa didiskusikan dengan tokoh masyarakat dengan melibatkan satgas kecamatan agar tidak timbul gesekan sosial.

Satgas penanganan Covid-19 di tingkat kecamatan akan terlibat langsung selama pelaksanaan PPKM, kata dia, pihaknya mengimbau masyarakat untuk mendukung pelaksanaan PPKM dengan terus menerapkan protokol kesehatan agar laju penambahan Covid. -19 kasus bisa ditekan.

Data Dinas Kesehatan Kota Palembang per 7 April 2021 tercatat total kasus positif terkonfirmasi mencapai 9.082 kasus dengan angka kesembuhan 7.956 orang dan angka kematian 394 kasus dan masih tersisa 732 kasus aktif.

Pihaknya juga memastikan setiap munculnya kasus baru akan ditindaklanjuti dengan close contact tracing untuk menghentikan penyebaran virus, selain itu kasus positif yang menjalani isolasi juga dipantau.

“Pasien Covid-19 dengan gejala ringan yang diisolasi di rumah dipantau oleh tim komando untuk memastikan proses isolasi dengan benar mengikuti protokol kesehatan,” kata Yudhi.

sumber: Antara




Source