BEI Gelar Dekade Perayaan Pasar Modal Syariah

Pada tahun 2021, aspek hulu hingga hilir sudah memiliki kepatuhan syariah melalui fatwa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Bursa Efek Indonesia (BEI) sebentar lagi akan merayakan satu dekade lahirnya pasar modal syariah Indonesia. Direktur Pengembangan BEI Hasan Fawzi meyakini semua pencapaian selama 10 tahun terakhir ini merupakan titik awal untuk membuat pasar modal syariah terus berkembang.

“Kami memasukkan perkembangan pasar modal syariah sebagai arah ke depan karena kami melihat akan menjadi sumber pertumbuhan baru,” kata Fawzi dalam Pelatihan Jurnalis Pasar Modal Syariah, Rabu (7/4).

Ia menuturkan, selama 10 tahun terakhir, berbagai pihak yang berkepentingan telah berupaya melengkapi seluruh aspek infrastruktur dan layanan. Mulai dari sisi regulasi seperti fatwa, indeks, hingga lahirnya Sharia Online Trading System (SOTS).

Pada tahun 2021, Fawzi mengatakan seluruh aspek dari hulu hingga hilir kini sudah mendapat jaminan kepatuhan syariah yang ditandai dengan fatwa. Secara total, terdapat 11 Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait pasar modal syariah dan 24 fatwa MUI Dewan Syariah Nasional.

“Dalam kurun waktu 10 tahun, pasar modal syariah Indonesia saat ini tercatat di dunia sebagai pasar modal yang memiliki proses transaksi saham. ujung ke ujung telah memenuhi prinsip syariah, “ujarnya.

Mulai dari tersedianya rekening khusus investor saham syariah di bursa anggota SOTS. Sekarang total 17 anggota bursa memiliki SOTS. Investor bertransaksi sesuai prinsip syariah menggunakan layanan ini.

SOTS ini dikembangkan berdasarkan Fatwa MUI DSN Nomor 80 Tahun 2011. Selain itu, proses kliring dan penjaminan yang dilakukan oleh Lembaga Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) sesuai dengan prinsip syariah berdasarkan Fatwa MUI DSN Nomor 138 Tahun 2021.

Proses penyelesaian transaksi dan penyimpanan efek juga sesuai dengan prinsip syariah sesuai dengan Fatwa DSN-MUI No.124 Tahun 2018. Dengan menggunakan Rekening Dana Nasabah di bank syariah dan sub rekening efek syariah di KSEI

Saat ini total terdapat lima bank, terdiri dari dua BUS dan tiga UUS. Peristiwa satu dekade kebangkitan pasar modal syariah Indonesia akan digelar secara virtual mulai 12 April 2021 hingga 31 Mei 2021.

Serangkaian kegiatan telah disiapkan mulai dari Sharia Capital Market Awakening Award, peluncuran situs mikro syariah IDXI, Kick Off Education Program, Webinar Series, Kick Off IDX Islamic Challenge 2021, peluncuran fatwa terbaru, dan Kompetisi Kreasi Digital.




Source