Ben White, pemain termahal ketiga dalam sejarah Arsenal

    Ben White ditebus oleh Arsenal seharga £50 juta dari Brighton.

    REPUBLIKA.CO.ID, LONDON — Arsenal resmi menuntaskan kepindahan Ben White dari Brighton and Hove Albion. Bek tengah berusia 23 tahun itu ditebus Penembak dengan nilai transfer 50 juta pound (1 triliun rupiah).

    Besarnya nilai transfer ini membuat White menjadi pemain termahal ketiga yang pernah dikontrak Penembak. Nicolas Pepe masih menjadi pemain termahal klub London itu saat direkrut dari Lille dengan nilai transfer £75 juta pada awal musim 2019/2020.

    Sebelumnya, status pemain termahal Arsenal menjadi milik Pierre Emerick-Aubameyang saat didatangkan dari Borussia Dortmund pada pertengahan musim 2017/2018. Saat itu, Arsenal membayar nilai transfer 56 juta poundsterling.

    Sekarang, di bawah Aubameyang, ada nama Putih. Jebolan akademi sepak bola Southampton itu menggantikan Alexandre Lacazette dalam daftar pemain termahal yang pernah direkrut meriam London.

    Pada jendela transfer musim panas ini, White menjadi rekrutan ketiga The Gunners. Sebelumnya, posisi kedelapan Liga Inggris musim lalu telah didatangkan Albert Sambi Lokonga dari Anderlecht dan Nuno Tavares dari Benfica. Secara total, Arsenal telah menghabiskan dana transfer sebesar 75 juta poundsterling.

    Secara khusus, White akan diplot untuk menggantikan David Luiz yang kontraknya telah habis. Penampilan impresif White dalam dua musim terakhir membuat Arsenal tertarik untuk memboyongnya ke Emirates Stadium.

    Selama dipinjamkan ke Leeds United, blanco sukses mengantarkan Leeds United menjuarai Divisi Championship pada musim 2019/2020. Performa impresif di Leeds United ini mengantarkan White menjadi andalan di Brighton and Hove ALbion.

    Musim lalu, White hanya melewatkan dua pertandingan di Premier League. Pelatih Arsenal Mikel Arteta mengatakan White adalah pemain yang cerdas dan memiliki gaya permainan yang unik. Pelatih asal Spanyol itu yakin White bisa langsung beradaptasi dengan gaya permainannya Penembak.

    “Ben adalah bek yang cerdas dan sangat nyaman menguasai bola. Gaya bermain sangat cocok dengan permainan kami. Selain itu, dia masih muda dan profilnya cocok dengan apa yang kami bangun. Ben bisa menjadi pusat rencana jangka panjang kami,” kata Arteta seperti dilansir situs resmi klub.



    https://www.republika.co.id/berita/qx3on3354/ben-white-pemain-termahal-ketiga-sepanjang-sejarah-arsenal