Benarkah Air Kelapa Bisa Mengatasi Covid 19?

    Air kelapa mengandung banyak vitamin B, tetapi tidak ada bukti bahwa itu bisa menjadi obat.

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Melonjaknya kasus positif Covid 19 di Indonesia selama dua pekan terakhir membuat masyarakat mulai mencari cara alternatif untuk melindungi diri dari ganasnya virus ini. Salah satu cara alternatif yang dicoba masyarakat adalah dengan mengkonsumsi air kelapa.

    Spesialis gizi klinis RS Pondok Indah dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK, menegaskan hingga saat ini belum ada bukti ilmiah bahwa air kelapa dapat berfungsi sebagai obat, meskipun dimungkinkan untuk meningkatkan kekebalan dari kandungannya.

    “Jadi kalau sudah sembuh ya itu subjektif banget. Kita harus lihat secara komprehensif. Kemungkinan pertama orang ini sudah menjalani pengobatan yang dianjurkan. Tidak selalu pengobatannya khusus untuk Covid 19, tapi dokter juga bisa memberikan obat pendukung. Kemudian yang kedua, mereka telah menjalani diet seimbang yang memang mendukung penyembuhan,” kata dokter Juwalita dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Minggu (11/7).

    Ia menjelaskan kandungan makronutrien dan mikronutrien dalam air kelapa. Pada zat gizi makro, sebagian besar bentuknya adalah karbohidrat. Sebanyak 94 persen kandungannya adalah air, 5 persen karbohidrat, yang terutama berupa glukosa dan fruktosa, sekitar 0,02 persen protein dan sangat sedikit lemak.

    Jika melihat kandungan mikronutrien, air kelapa sangat menonjol, terutama vitamin B, yaitu B1, B2, B3, B5, B6, B7, dan B9. B9 dikenal sebagai Folat. Ternyata vitamin B, terutama B6 dan Folat, berperan sangat penting dalam sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan.

    “Sistem imun kita sebenarnya sangat kompleks, mulai dari luar seperti kulit, saluran pernapasan, rambut bergetar di saluran pernapasan, masuk lagi ada sel-sel kekebalan yang melawan patogen atau agen penyebab penyakit,” katanya.

    Jika dilihat dari perannya, Vitamin B6 banyak berperan dalam sistem kekebalan tubuh. Kemungkinan besar, orang yang mengonsumsi air kelapa mendapat manfaat dari dukung vitamin di dalamnya, sehingga konsumsi air kelapa dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin B mereka.

    “Kebetulan vitamin B terlibat dalam semua proses enzimatik di dalam tubuh, sehingga banyak reaksi kimia dalam tubuh yang ditunjang oleh vitamin B,” ujarnya.

    Ia juga menjelaskan manfaat lain dari air kelapa seperti kadar elektrolitnya juga cukup tinggi karena mengandung Kalium dan Magnesium. Kedua unsur ini sangat baik untuk mengontrol tekanan darah dan kesehatan jantung. Artinya terkait juga dengan pencegahan penyakit penyerta (comorbid) pada Covid 19.

    “Tidak menutup kemungkinan juga konsumsi air kelapa dapat memberikan sugesti positif kepada masyarakat yang mengkonsumsinya,” ujarnya.

    Ia mengatakan, semua sugesti positif bagi tubuh bisa berdampak baik juga. Jadi kunci untuk mendapatkan kondisi tubuh yang sehat, baik saat terkena penyakit tertentu atau sekedar menjaga kesehatan, selain menjaga fisik, juga harus menjaga keseimbangan pikiran.

    “Jadi dengan afirmasi positif bahwa kita akan sembuh dan kita akan sehat, itu juga akan mendukung kita untuk lebih sehat,” jelasnya.



    https://www.republika.co.id/berita/qw341g368/benarkah-air-kelapa-mampu-atasi-covid-19