Berapa banyak air yang digunakan Nabi (s) untuk berwudhu?

    Nabi Muhammad SAW diajarkan untuk menghemat air untuk wudhu

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sebenarnya berapa banyak air yang digunakan Nabi Muhammad untuk berwudhu? Syekh Khalid Al-Jundi memberikan penjelasannya seperti dikutip dari situs Masrawy, berdasarkan ijazah yang diterimanya dari para ulama di Madinah.

    Al-Jundi menjelaskan bahwa Rasulullah SAW biasa berwudhu dengan takaran satu kali air lumpur. Untuk mandi, Nabi (SAW) biasa menggunakan takaran air sebanyak satu sha ‘atau empat lumpur. Ini berdasarkan sejarah Imam Malik, Imam Syafi’i dan Imam Ahmad bin Hanbal.

    Sedangkan Imam Abu Hanifah menilai yang dimaksud dengan satu sha ‘adalah enam lumpur.

    Jumlah air wudhu yang digunakan Rasulullah SAW setara dengan 600 mililiter air (tidak lebih dari setengah botol air mineral dengan ukuran terbesar 1.500 ml). Mungkin jumlah air wudhu yang digunakan Nabi SAW berbeda dengan kebiasaan kita berwudhu dengan air galon.

    Faktanya, tidak sedikit dari kita yang berwudhu hingga 30 tahun. Jika ini dilakukan, berarti kita melanggar sunnah Nabi SAW dalam berwudhu. Pada akhirnya umat Islam akan menghadapi masalah penyediaan air karena sikap boros yang kita lakukan sendiri saat berwudhu.

    “Jangan buang air bahkan dari sungai yang mengalir. Kita sering menggunakan air sebanyak yang kita mau untuk berwudhu. Dan kita juga mengkonsumsi air untuk minum, menyikat gigi, dan mencukur jenggot kita,” kata Syekh Al-Jundi.

    Sumber: islamweb




    Source