Berapa Banyak Kata-Kata Pengampunan dalam Al-Qur’an?

    Memaafkan adalah tindakan terpuji dalam Al-Qur’an.

    REPUBLIKA.CO.ID, Ustadzah Ammena Blake dari Inggris menulis artikel tentang tentang islam.net bahwa memaafkan atau memaafkan adalah perbuatan baik kepada orang lain.

    Orang yang mampu memaafkan berarti memiliki jiwa yang kuat dan hati yang murni. Tuhan memanggil kita untuk mengampuni mereka yang menyakiti apapun yang terjadi.

    Memaafkan orang adalah salah satu dari tiga tindakan yang Allah puji dalam Al-Qur’an.
    Allah menyebut ampunan-Nya sekitar 200 kali. Ini adalah jumlah yang sangat besar dibandingkan dengan, misalnya, laki-laki yang disebutkan 23 kali dan perempuan yang disebutkan 23 kali. Tapi ampunan dan nama Allah Al Ghafur disebutkan sekitar 200 kali.

    Seperti dalam surat Al Imran ayat 134,

    الَّذِينَ السَّرَّاءِ الضَّرَّاءِ الْكَاظِمِينَ الْغَيْظَ الْعَافِينَ النَّاسِ اللَّهُ الْمُحْسِنِينَ

    “(yaitu) orang-orang yang menafkahkan, baik di waktu yang terbuka maupun yang sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang lain. Dan Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.”

    Dalam ayat ini, Allah menyukai perbuatan baik, termasuk memberi, menahan amarah, dan memaafkan orang lain. Memaafkan juga merupakan sunnah Nabi Muhammad. Jadi akan ada puluhan alasan lain bagi kita untuk memaafkan dan memaafkan orang lain yang berbuat salah.



    https://www.republika.co.id/berita/qz0ckg430/berapa-jumlah-kata-ampunan-dalam-alquran