Berapa Jarak Vaksinasi Covid dengan Imunisasi Lain untuk Anak?

    Vaksin COVID-19 perlu diberikan jeda sebulan dengan imunisasi lain.

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Dokter anak Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Ellen Wijaya menjelaskan, vaksin COVID-19 perlu diberikan jeda sebulan dengan imunisasi lain. Hal ini untuk memberikan kekebalan yang optimal.

    Hal ini juga berdasarkan sejumlah rekomendasi dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) terkait anak usia 12-17 tahun yang akan mendapatkan vaksin COVID-19. “Kami baru saja diberikan vaksin COVID-19. Antigen masuk ke dalam tubuh. Tubuh merespon dengan membentuk antibodi sehingga bisa memberikan kekebalan terhadap SARS-CoV-2. Saat itu, jika tubuh diberikan imunisasi lain, nanti kekebalan yang akan dicari karena SARS-CoV-2 tidak optimal,” kata Ellen Wijaya dalam webinar kesehatan, Rabu, pekan lalu.

    Tubuh perlu dibiarkan membentuk antibodi secara optimal setelah mendapatkan suntikan vaksin COVID-19 dengan jarak minimal satu bulan dengan imunisasi lainnya. Sebenarnya, menurut Ellen yang berpraktik di RS Pondok Indah – Puri Indah, ketentuan serupa juga berlaku untuk vaksin lain seperti Hepatitis B dan HPV.

    IDAI juga merekomendasikan agar anak yang akan divaksinasi COVID-19 tidak mengalami imunodefisiensi, kanker darah yang menjalani kemoterapi, dan mendapat steroid dosis tinggi. Anak tersebut juga sembuh dari COVID-19 dalam waktu tidak kurang dari 3 bulan, tidak menderita Gullian Barre Syndrome, mielitis transversa, dan ensefalomielitis demielinasi akut. Mengenai persiapan sebelum anak divaksinasi, orang tua harus memastikan bahwa kondisinya sehat, tidak mengalami demam (di atas 37,5 derajat Celcius), cukup istirahat, tidak memiliki penyakit penyerta tertentu.

    “Orang tua dapat mengkomunikasikan kepada anaknya, misalnya manfaat mendapatkan vaksinasi, lokasi penyuntikan, kondisi yang dapat terjadi setelah pemberian vaksin, seperti nyeri pada tempat penyuntikan dan sebagainya, cukup tidur, anak dalam keadaan sehat. semoga sehat” ucap ellen

    sumber: antara



    https://www.republika.co.id/berita/qwfkik368/berapa-jarak-vaksinasi-covid-dan-imunisasi-lain-pada-anak