Berhasil Diselenggarakan, Ini Daftar PTKI Pemenang ADIKTIS 2021 Kemenag RI

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Apresiasi Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (ADIKTIS) 2021 yang diselenggarakan Direktorat Pendidikan Tinggi Agama Islam (Diktis) Kementerian Agama berhasil.

    Kegiatan ini dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat di Hotel Mercure Ancol, Jakarta, pada Jumat (10/12) dan disiarkan langsung di kanal YouTube DIKTIS TV.

    ADIKTIS 2021 merupakan ajang apresiasi Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTKIN) dan Swasta (PTKIS) atas berbagai prestasi dan prestasi dalam 16 kategori atau nominasi melalui seleksi dan penilaian ketat oleh tim Diktis Kementerian Agama.

    Hadir dalam forum tersebut, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas didampingi Ibu, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Saadi, pimpinan PTKIN dan PTKIS, perwakilan Ditjen Bimas Kemenag dan jajaran direksi sebelumnya.

    Dalam kesempatan itu, Menag didampingi Wamenag memberikan apresiasi langsung kepada 16 pemenang nominasi, mulai dari kategori kepemilikan akreditasi, jurnal, paten, prestasi luar biasa civitas akademika dan lain sebagainya.

    Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Rohman Mulyana, dalam laporannya menyatakan bahwa ADIKTIS merupakan momentum untuk mengukur, mengevaluasi, dan memberikan catatan penting atas capaian pembangunan khususnya di bidang pendidikan madrasah dan pendidikan tinggi agama Islam hingga tahun kedua. periode dalam RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka). Menengah Nasional) Tahun 2020-2024.

    Baca juga: Hadiri ADIKTIS 2020, Menag Minta PTKI Konsisten Tingkatkan Prestasi

    “Alhamdulillah kita sama-sama akan menyaksikan penganugerahan Madrasah Award dan Addicts (Apresiasi Perguruan Tinggi Agama Islam) pada tahun 2021. Kami berusaha memberikan apresiasi atas prestasi yang diraih madrasah dan Perguruan Tinggi Agama Islam. Ini bukan ajang final untuk perbaikan. kualitas pendidikan Islam, namun menjadi motivasi kami untuk selalu meningkatkan mutu dan kualitas Perguruan Tinggi Agama Islam,” ujarnya.

    Sementara itu, Dirjen Pendidikan Islam, Muhammad Ali Ramdhani menyampaikan arahan Menag agar acara ADIKTIS ke-2 ini dapat memacu perguruan tinggi agama Islam se-Indonesia untuk terus menunjukkan prestasi terbaiknya kepada masyarakat.

    “Apresiasi ini diberikan atas jerih payah dan karya yang luar biasa dari civitas akademika perguruan tinggi agama Islam. Apresiasi kami berikan berdasarkan beberapa kategori mulai dari kategori kepemilikan paten, kepemilikan jurnal dan kepemilikan akreditasi unggul dan masih banyak lagi lainnya,” kata Ali Ramdhani.

    Ke depan, Ali menyatakan pihaknya akan fokus membangun hilirisasi ilmu agar seluruh kampus PTKI dapat mengintegrasikan disiplin ilmu agama dan keilmuan secara masif sehingga dapat mengisi ruang-ruang industri masa depan.



    https://www.tribunnews.com/nasional/2021/12/11/sukses-digelar-ini-daftar-ptki-peraih-adiktis-2021-kemenag-ri