Berhasil Diunduh, 2 Jam Rekaman Percakapan Kecelakaan SJ 182 Sriwijaya

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) berhasil mengunduh data perekam suara kokpit (CVR) pesawat Sriwijaya Air dengan nomor registrasi PK-CLC.

    Nomor penerbangan SJ-182 rute Jakarta-Pontianak mengalami kecelakaan di perairan Kepulauan Seribu pada 9 Januari 2021.

    Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono mengatakan, dari hasil pengunduhan didapatkan rekaman percakapan selama 2 jam, termasuk percakapan saat terjadi kecelakaan.

    CVR pesawat, yang ditemukan pada 30 Maret 2021, berisi empat saluran audio. Termasuk cuplikan dari pilot yang membawa pesawat tersebut.

    “KNKT sudah berhasil mengunduh keempat kanal dari CVR, namun kanal 4 pada CVR mengalami gangguan,” kata Soerjanto dalam keterangan tertulis, Selasa (13/4/2021).

    Berdasarkan rekaman tersebut, kata dia, telah ditambahkan data-data penting untuk penyelidikan yang hasilnya akan disajikan dalam laporan akhir.

    Soerjanto menjelaskan rangkaian investigasi kecelakaan yang dialami Sriwijaya Air pada 9 Januari 2021 terjadi pada rute penerbangan Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta menuju Bandara Internasional Supadio, Pontianak.

    Batasan pencarian

    Lebih lanjut dia menjelaskan, tiga hari setelah kecelakaan yakni pada 12 Januari 2021 ditemukan Flight Data Recorder (FDR) dan hasil data yang sudah diolah KNKT diumumkan ke publik melalui laporan investigasi pendahuluan. (laporan awal) pada 10 Februari 2021.

    Hingga akhir proses pencarian korban SJ-182 yang dipimpin Basarnas pada 22 Januari 2021, CVR belum ditemukan.




    Source